Home » » LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network)

Local Area Network
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
Comments
16 Comments

16 comments:

Berdasarkan pengalaman saya, koneksi LAN menggunakan kabel masih lebih stabil ketimbang menggunakan wifi, karena faktor sinyal yang suka naik turun. Tapi untuk kondisi tertentu, seperti untuk penggunaan PDA order di restoran, tentu hanya bisa pakai LAN wifi, dimana PDA akan langsung terkoneksi di printer kitchen.

Oyah mau tanya juga, apakah saat ini sudah ada printer yang bisa dikoneksikan dengan jaringan wifi?

Tetap lebih praktis dan nyaman menggunakan wifi. pengalaman reduce-lower-body-fat

Kelemahan LAn kalo ada yang streaming dan membuat lemot seluruh koneksi di LAN tersebut

terimakasih menamnah info tentang LAN...salam kenal mas!! salam sukses..

makasih ilmu'y gan...

Salam kenal sukses gan untuk blognya

makasih sudah posting ilmunya

Terima kasih atas informasi anda, saya salut dengan kebaikan hati admin situs ini yang mau berbagi. Sekali lagi terima kasih dan salam kenal.

Izin share ke teman-teman ya bos, situsnya ok punya.

Saya bookmark dulu, siapa tahu suatu saat bisa digunakan. Thanks bro

Salam kenal admin situs ini, saya salut dengan situs anda yang tidak hanya menarik tapi juga sajiannya mantap-mantap dan bermanfaat. Terima kasih

Ini dia seharusnya yang dicontoh oleh blogger lainnya, jangan hanya menyajikan informasi asal-asalan. Kalau mau berbagi ya benar-benar berbagai. Terima kasih bos!

Informasi disitus ini memang sangat berharga, saya tidak bosan-bosannya berkunjung kesini. Terima kasih atas kebaikannya ya om admin! Saya banyak belajar dari situs ini

pakai wifi saja ok dan yang utama gratisssss

sangat bermanfaat, terimakasih sekali ya, sukses selalu buat blog ini..

lengkap sekali ya bahasannya tentang LAN ini..terimakasih banyak ya sangat bermanfat

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.