4 Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Makalah Kita Semua - Info Gaya Hidup Sehat - 4 Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun tidur. Ingin hari Anda lebih baik, mulailah dengan minum air putih saat bangun tidur. Kebiasaan ini secara signifikan mengubah hari Anda menjadi lebih baik.

Nah, jika Anda sedang berniat menurunkan berat badan ataupun menjadikan tubuh lebih segar dan sehat, inilah empat alasan kenapa Anda perlu minum air putih begitu bangun tidur.

1. Menghidrasi sel

Setelah beristirahat semalaman penuh, lumrah saja jika dehidrasi datang saat bangun tidur. Karena itu, hidrasi menjadi hal yang penting dilakukan di pagi hari sehingga dapat meningkatkan laju produksi otot dan darah.

"Umumnya kita tidur sekitar 6-8 jam setiap malam. Selama tidur tanpa terbangun selama itu, kita tidak minum, tentunya terjadi defisit air. Saat tidur pun tubuh terus bekerja memperbaiki sel dan terjadi pula penguapan," ujar pakar gizi klinik dr Samuel Oetoro, SpGK.

Kendati demikian, Samuel menyarankan untuk tidak minum terlalu banyak begitu bangun tidur, yaitu hanya sekitar 1-2 gelas saja. Menurutnya, jika terlalu banyak, volume darah akan meningkat dengan tajam dan membuat kerja jantung menjadi berat.

2. Detoks tubuh

Air, terutama air perasan lemon merupakan detoks alami. Minum air juga dapat membuang racun dan memurnikan tubuh. Tidak hanya membuat tubuh sehat, minum air juga membuat kulit lebih bersih dan segar. Selain itu, air juga mampu membersihkan usus besar sehingga memperbaiki penyerapan nutrisi.

Air putih saja sebenarnya sudah baik untuk melakukan tugas detoksifikasi ini, namun manfaatnya akan semakin optimal jika diberi perasan lemon. Dalam buku "You Are What You Eat", dr Gillian McKeith menjelaskan, segelas air hangat dengan perasan lemon di pagi hari setelah bangun tidur membersihkan berbagai lendir tidak berguna dalam tubuh sehari sebelumnya. Sebaiknya, lakukan juga malam hari sebelum tidur.

3. Membantu mengurangi berat badan

Minum air begitu bangun tidur baik untuk sistem pencernaan. Inilah yang membuat cara ini efektif untuk mengurangi berat badan. Penelitian menunjukkan, minum air saat perut kosong di pagi hari dapat meningkatkan laju metabolisme sepanjang hari. Air juga membuat rasa kenyang sehingga dapat menunda lapar.

4. Mencegah sakit

Jika sering sakit, mungkin ini karena tubuh Anda kurang cairan. Air memegang peranan penting dalam menjaga sistem limfatik. Ketika sistem ini seimbang, tubuh dapat melawan infeksi dengan lebih baik

Source:
Intisari-Online.com

Tags:
Makalah Kita Semua - Info Gaya Hidup Sehat - 4 Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun tidur, 4 Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun tidur, 4 Alasan Harus Minum Air Putih Saat Bangun Tidur
Selengkapnya

Si Pahit Manfaat Manis

Makalah Kita Semua – Info Gaya Hidup Sehat - Si Pahit Manfaat Manis. Kebanyakan orang tidak menyadari kalau makanan pahit yang dikonsumsi bertindak sebagai pembersihan alami bagi tubuh seperti menghilangkan racun. Kenyataannya, kita cenderung menyingkirkan rasa pahit dan tergantikan asupan yang lebih menggoda seperti gula dan garam.

Makanan pahit tertentu dapat membantu meningkatkan cairan pencernaan yang mendukung pencernaan makanan. Semakin baik makanan dicerna, maka semakin banyak nutrisi yang diserap oleh tubuh sehingga semakin bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa makanan Si Pahit Manfaat Manis yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan.

Pare. Mengandung zat yang bisa membantu perubahan glukosa menjadi energi. Juga kaya akan vitamin, mineral dan serat makanan, pare membantu memulihkan dari kondisi toksemia, kolera, diabetes mellitus, gangguan mata, gangguan tidur, sembelit, masalah pernapasan, dan meningkatkan stamina. Ini juga memurnikan darah sehingga membuat kulit lebih bercahaya.

Tanaman hijau pahit. Dandelion, kale, serta lobak, memiliki fitonutrien unit yang tidak hanya melindungi hati tetapi juga mengontrol kolesterol, gula darah, dan memetabolisme lemak. Dandelion hijau yang kaya vitamin A, C, K, dan kalsium, paling dicari karena memberikan rasa unik pada salad dan pasta.

Kunyit. Dikenal sebagai rempah-rempah yang penting, kunyit memiliki kemampuan penyembuhan yang luar biasa. Mungkin rasanya pahit dan agak pedas, kunyit membantu memurnikan darah, mencegah batu empedu, dan menjaga perut sehat, sistem pencernaan, usus, dan hati.

Bubuk kakao. Makan cokelat tanpa pemanis, adalah yang baik untuk kesehatan. Dalam bubuk kakao terkandung tembaga, mineral penting bagi tubuh. Makanan pahit ini juga mengatur tekanan darah, menunjang pembuluh darah, dan fungsi sel darah.

Fenugreek. Fenugreek meski berasa pahit, tapi mengandung protein, vitamin C, niasin, kalium dan diosgenin. Asupan secara teratur dapat meningkatkan libido, dan menyembuhkan gangguan hormonal pada pria, masalah kulit, luka bakar, dan jantung.

Artichoke. Meskipun pahit, tapi merupakan sumber insulin alami. Makanan ini membantu mengontrol kadar gula darah pada pasien diabetes. Mengandung komponen yang tidak hanya merangsang sekresi lambung tetapi juga merupaka obat yang baik untuk pencernaan.

Jinten. Jinten pahit kaya vitamin E yang membantu membuat kulit sehat dan terlihat muda. Sumber serat makanannya membuat tidur nyenyak. Jinten mempertahankan asetilkolin di otak yang menyimpan memori. Rempah-rempah ini juga mendorong kekebalan tubuh.

Biji wijen. Merupakan sumber yang baik dari mangan, tembaga, kalsium, magnesium, besi, dan fosfor yang mengurangi rasa sakit rheumatoid arthritis, melindungi sel usus besardari kanker, dan mencegah tekanan darah tinggi.

Terong. Terong memiliki rasa dan tekstur yang unit, tetapi memberikan fitonutrien, yang berisi komponen seperti nasunin dan asam klorogenat. Merupakan sumber yang baik untuk membangun tulang vitamin K, tembaga, vitamin C, vitamin B6, folat, dan niasin. Terong juga meningkatkan aliran darah. Serat di dalamnya baik untuk menurunkan berat badan.

Kale. Kaya akan vitamin A, vitamin C, kalsium. Memiliki kandungan antioksidan yang kuat seperti karotenoid dan flavonoid yang membantu melindungi tubuh terhadap kanker. Juga merupakan makanan detoks yang membuat hati dalam kondisi pahit.

Source:
Intisari-Online.com

Tags:
Si Pahit Manfaat Manis, Rasa Pahit Manfaat Manis, Rasa Pahit manfaat Selangit
Selengkapnya

Diet Juga Tingkatkan Bakteri Baik

Makalah Kita Semua - Info Sehat Kita Semua Hari Ini - Diet Juga Tingkatkan Bakteri Baik
Makalah Kita Semua - Info Sehat Kita Semua Hari Ini - Diet Juga Tingkatkan Bakteri Baik. Kopenhagen, Arti diet yang sebenarnya adalah mengatur pola makan yang sehat, bukan melulu untuk menurunkan berat badan. Namun jika dilakukan dengan tepat, diet nyatanya selain bisa menjaga kesehatan, juga dapat memperkaya ragam jenis bakteri baik yang terdapat di saluran cerna.

Saat ditanya mengenai 'sehat', fakta tentang adanya jutaan mikroba di dalam usus mungkin tak terpikirkan. Faktanya beberapa terobosan ilmiah telah menemukan hubungan antara komposisi bakteri terhadap segala macam penyakit termasuk asma, depresi, dan kolitis. Meskipun masih butuh penelitian lebih lanjut, hingga saat ini diyakini bahwa komposisi bakteri di dalam usus juga berpengaruh pada berat badan.

Penelitian sebelumnya membandingkan mikrobiota usus pada 292 orang Denmark. Ditemukan sebuah pola yang jelas dan tak terduga, yaitu sekitar seperempat dari mereka memiliki bakteri dalam jumlah rendah, yang berarti usus mereka pun lebih sedikit memiliki jenis bakteri. Mereka dengan jumlah bakteri lebih sedikit faktanya lebih gemuk daripada mereka dengan bakteri cukup tinggi.

Para peneliti juga menemukan bahwa kelompok tersebut lebih berisiko untuk terkena penyakit yang berhubungan dengan obesitas seperti diabetes tipe 2 dan masalah jantung, sebab mereka memiliki resistensi insulin, trigliserida, dan kadar kolesterol tinggi, serta peradangan.

"Hasil penelitian ini memungkinkan dilakukan terapi bakteri, misalnya tipe baru probiotik yang mungkin bisa melawan peningkatan berat badan berlebihan," ungkap Dr Dusko Ehrlich, PhD, penulis studi dan direktur penelitian di French National Institute for Agricultural Research, seperti dikutip dari Prevention, Senin (9/9/2013).

Serat tidak larut merupakan contoh makanan yang baik bagi usus untuk proses fermentasi. Meskipun masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan, namun Dr Ehrlich mengatakan bahwa orang dengan jumlah bakteri tinggi memiliki kecenderungan yang lebih juga untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran dibandingkan dengan mereka yang jumlah bakterinya rendah.

Dr Ehrlich dan tim peneliti lain kemudian melakukan penelitian kedua. Mereka menerapkan pola diet penurunan berat badan terhadap 49 orang dengan obesitas. Mereka diberi diet kalori terbatas selama 6 minggu.

Hasilnya, ketika orang mengikuti diet kalori terbatas, kekayaan mereka akan jumlah bakteri baik akan meningkat seiring dengan penurunan berat badan yang signifikan. Ini berarti jelas bahwa diet bisa membuat usus Anda lebih baik dan beragam, yang dapat menurunkan resiko Anda untuk terkena sejumlah penyakit.

"Kita harus bergerak dari pengobatan ke pencegahan dan studi kami membuka jalan ke arah sana," ujar Dr Ehrlich.

Nah, itukah artikel Diet Juga Tingkatkan Bakteri Baik. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Baca juga artikel tentang Diet Sehat disini

Source:
Health.detik.com

Tags:
Diet Juga Tingkatkan Bakteri Baik, Selain Bisa Turunkan Bobot, Diet Juga Perbanyak Bakteri 'Baik' di Usus, Puasa tingkatkan bakteri baik.
Selengkapnya
 
 
 

Google+ Followers

Facebook

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.