Home » » Ruang Lingkup Human Relations

Ruang Lingkup Human Relations

Makalah Kita Semua - Ruang Lingkup Human Relations
Oleh: Joko Julianto

A. Ruang Lingkup Human Relations
Masalah human relations adalah masalah rohaniah, yaitu proses yang menyangkut watak, sifat, perangai, kepribadian, sikap dan tingkah laku menuju suatu kepuasan hati. Proses rohaniah dengan perasaan bahagia ini berlangsaung pada dua atau tiga orang yang terlibat dengan hubungan komunikatif, yaitu komunikasi antar persona yang karena sifatnya dialogis, maka masing-masing tahu, sadar dan merasakan efeknya. Jika kesemuanya merasa bahagia, maka orang yang melakukkan kegiatan human relations itu berhasil. Apabila tidak menimbulkan rasa puas, human relations itu gagal. Human relations sebagai suatu aktivitas itu tidak mudah dilaksanakan, adalah benar.

Jika seseorang ingin sukses dalam kehidupannya, human relations adalah salah satu cara untuk dapat dipergunakan; lebih-lebih bagi seorang pimpinan, baik dalam organisasi ataupun dalam bidang apapun. Dalam hubungan ini ia harus memehami ilmu komuniaksi dan ilmu jiwa, meskipun hanya sedikit. Akan lebih baik jika mempelajari secara mendalam.
B. Human Relations
Human relations dalam arti luas adalah komunikasi persuasif yang akan dilakuakan oleh seorang kepada orang lain secara tatap muka dalam segala situasi dan dalam semua bidang kehidupan, sehingga menimbulkan kebahagiaan dan kepuasan hati pada kedua pihak. Jadi human relations dalam arti luas dilakukan di mana saja: di rumah, di jalan, di pasar, di toko dan sebagainya.
Contohnya; human relations yang terjadi pada suami dengan istrinya. Suami melakukannya dalam situasi tatap muka, secara psikologis dan manusiawi, sehingga timbul kebahagian dan kepuasan hati pada kedua belah pihak.
Jadi contoh human relations dalam situasi rumah tangga out berhasil, kalau sikap (anttitude), pernyataan (opinion) dan tingkah laku (behavior) sang istri tadi sama, yakni puas hatinya lahir batin.
Bagi seorang pemimpin (apapun jabatannya), human relations dalam segala situasi ini penting dilaksanakan, karena dalam segala situasi ini penting dilaksanakan, karena akan mencerminkan pribadinya dan citra organsasi yang dipimpinnya. Suksesnya seseorang dalam melaksanakan human relations, karena ia berkomunikasi secara etis: ramah, sopan, menghargai dan menghormati orang lain.
C. Human Relations dalam Arti Sempit
Human relations dalam arti seepit adalah komunikasi persuasif yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain secara tatap muka dalam situasi kerja (work situations) dam dalam organisasi kekaryaan (work organitatios) dengan tujuan untuk menggugah kegairahan dan kegiatan bekerja dengan semangat kerjasama yang produktif dengan perasaan bahagia dan puas hati.
Human relations dalam organisasi kekaryaan inilah yang baik banyak diteliti dan dipraktekkan di negara-negara yang sudah maju, terutama dalam bidang ekonomi sektoer industri. Sebabny aialah karena ternyata perkembangan masyarakat sebagai akibat kemajuan teknologi telah menimbulkan barbagai pengaruh kepada individu-individu yang merupakan tenaga kerja (manpower), ayang sering menghambat lancarnya pekerjaan.
Human relations dapat diusahakan untuk menghilangkan rintangan-rintangan komunikasi, mencegah salah pengertian, dan mengembangkan segi konstruktif sifat tabeat manusia (Norman R.F. Milaer, 1963: hal vii).
Jadi human relations dalam organisasi kekayaan adalah komunikasi persuasif antara orang-orang yang berada dapam struktur formal untuk mencapai suatu tujuan. Misalnya antara seorang menejer/pimpinan dengan bawahannya terdapat struktur formal antara yang memimpin dan yang dipimpin. Karena itu sering human relations dalam organisasi kekaryaan ini sering dinamakan “organization human relations”. Dalam artian human relations bukan suatu keadaan yang psif, melainkan suatu aktivitas.
Oleh sebab itu human relations adalah seni dan ilmu pengetahuan terapan (applied art and science). Dan dipandang dari sudut seorang pimpinan yang bertanggung jawab untuk memimpin sebuah kelompok, human relations adalah pengintegrasian orang-orang ke dalam suatu situasi kerja yang mengggiatkan mereka untuk bekerja bersama-sama serta dengan rasa puas, baik kepuasaan ekonomis, psikologis maupun ke.puasan sosial. Singkatannya, human relations adalah pengembangan usaha kelompok karyawan secara produktif dan memuaskan (human relations is the produktif of productive, satisfying group effort) (Keith Devis, 1962: hal 4)
D. Kunci Aktivitas Human Relations
Kunci aktivitas human relations adalah motivasi (motivation) memotivasikan para karyawan untuk bekerja giat berdasarkan kebutuhan mereka secara memuaskan, yakni kebutuhan akan upah yang cukup bagi keperluan hidup keluarganya sehari-hari, kebahagian keluarganya, kemajuan dirinya sendiri dan lain sebagainya.
Bahwa untuk memuaskan hati seluruh karyawan seorang demi seorang tidak mudah, ini memang tak dapat disangkal; kebagian seorang karyawan yang mendapat kenaikan gaji mungkin menyebabkan beberapa teman sejawatnya tidak merasa senang. Akan tetapi lingkungan dan suasana yang bisa membantu seluruh karyawan memperoleh kebahagiaan, akan dapat diciptakan dan diadakan. Dalam hal ini seorang pimpinan kelompok harus berpikir secara situasional dalam rangka mencapai tujuannya.
E. Kesimpulan
Human relations adalah masalah rohaniah, yaitu proses yang menyangkut watak, sikap, perangai, kepribadian sikap dan tingkah laku menuju suatu kebahagiaan atau kepuasan hati. Dalam artian luas adalah komunikasi persuasuf yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain secara tatap muka dalam segala situasi dan dalam semua bidang kehidupan, segingga menimbulkan kebahagian dan kepuasan hati.
Sedangkan human relations dalam sempit adalah komunikasi persuasif yang dilakukan secara tatap muka dalam situasi kerja (work situations) dengan tujuan untuk menggugah kegairahan dan kegiatan bekerja dengan semangat kerjasama yang produktif dengan perasaan bahagia dan kepuasan hati.

Reference:
Onong Uchjana Effendy, MA. Human Relations dan Public Relations.
Comments
36 Comments

36 comments:

artikel yang menarik.

jadi Human relations komunikasi antar orang secara langsung ya. Gan artikelnya tolong di rapikah biar tidak pusing bacanya. thx

Karya tulis yg cukp bagus mbak....tq sudah ngeshare.

izin ngeshare di mari kak, tq sudah berkenan....

tulisannya enak di baca....

makasih buat artikelnya

Artikel yang sangat bermutu. Trimakasih gan..

kehidupan antar manusia yang harus selalu kita jaga agar selalu baik baik....

mudah2an kita selalu bisa menjaga kerukunan antar manusia....

saat kini yang dirasakan agar selalu meningkatkan toleransi antar manusia...

Max Out Your Character - Use Advanced Class Specializations - Get The Best Gear & Weapons - Reach The Credit Limit Fast Dominate PVP & More... SWTOR Savior VIP Forum! Don't Just Settle For ANY Guide... Be PART Of A Top SWTOR Community... SWTOR Savior gives you access to a VIP forum where you will be able to: Get Daily Updates To Leveling Guides, Builds For All Classes, PVP Guides And More... Interact With Hundreds Of Other SWTOR Savior Members... Form Your Own Guilds And Dominate... Have A Top Tier SWTOR Gaming Team Of Over 15 On Hand To Answer Any & All Questions... Free Updates And Lifetime Access... I was shocked when I saw the price... there you will find more info

jadi human relations itu adalah tenyang kepuasan hati ,,,

itu yang saya tanggap dari artikel ini ,,

trimakasih artikel y ....

lumayan ,,

thx for share ea ....

cukup bagus untuk d baca ...

Informasi yang mantap, ruang lingkup human relations memang sangat diperlukan saat ini

wah artikel yg menarik

makasih infonya sob

wah sekarang saya lebih mengerti

terima kasih artikelnya.... izin ngeshare y om

88Kenan said... [Reply to comment]

https://bayanlarsitesi.com/
Kayseri
Sinop
Kilis
Hakkari
E1F2E

Korkunes said... [Reply to comment]

Kocaeli
Denizli
Bartın
Kocaeli
Adana
H2İ68

InfinityStorm101 said... [Reply to comment]

Bursa
Mersin
izmir
Rize
Antep
SUOVB

MatrixNomad13 said... [Reply to comment]

bilecik
van
elazığ
tokat
uşak
TO0

Gayle said... [Reply to comment]

yozgat
sivas
bayburt
van
uşak
6İFX6R

1Mutahhar said... [Reply to comment]

van
erzincan
sivas
ağrı
manisa
P0Z

Anita said... [Reply to comment]

whatsapp görüntülü show
ücretli.show
C35CN

TimeTraveler888 said... [Reply to comment]

görüntülü.show
whatsapp ücretli show
YR7

ElectricSorcererY123456789OI said... [Reply to comment]

ankara parça eşya taşıma
takipçi satın al
antalya rent a car
antalya rent a car
ankara parça eşya taşıma
5UY

AEA8EClarenceB1A03 said... [Reply to comment]

A4773
Mersin Parça Eşya Taşıma
Ardahan Lojistik
Ankara Lojistik
Tunceli Parça Eşya Taşıma
Bartın Evden Eve Nakliyat

6DC29Alissa9A748 said... [Reply to comment]

33D31
Mamak Boya Ustası
Samsun Evden Eve Nakliyat
Bartın Evden Eve Nakliyat
Çankaya Boya Ustası
Nevşehir Şehirler Arası Nakliyat
Van Şehirler Arası Nakliyat
Batman Lojistik
Diyarbakır Şehirler Arası Nakliyat
Trabzon Lojistik

395C6VictorC26FA said... [Reply to comment]

D88F6
buy deca durabolin
buy turinabol
Eryaman Alkollü Mekanlar
Denizli Evden Eve Nakliyat
fat burner for sale
Bitcoin Nasıl Alınır
Ordu Evden Eve Nakliyat
Sakarya Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Evden Eve Nakliyat

55B11OrionAA0D2 said... [Reply to comment]

276A3
Yalova Parça Eşya Taşıma
Çankırı Lojistik
Ordu Parça Eşya Taşıma
Iğdır Şehir İçi Nakliyat
Yalova Evden Eve Nakliyat
Btcturk Güvenilir mi
Şırnak Evden Eve Nakliyat
Tokat Şehirler Arası Nakliyat
Area Coin Hangi Borsada

8F298GlenFC809 said... [Reply to comment]

95002
görüntülü sohbet kızlarla
muhabbet sohbet
çanakkale görüntülü sohbet siteleri ücretsiz
manisa sesli sohbet
gümüşhane yabancı görüntülü sohbet siteleri
amasya tamamen ücretsiz sohbet siteleri
gümüşhane tamamen ücretsiz sohbet siteleri
erzurum ücretsiz görüntülü sohbet uygulamaları
Ağrı Görüntülü Sohbet

78DFCSiena20EA9 said... [Reply to comment]

2580B
adıyaman rastgele görüntülü sohbet uygulamaları
malatya rastgele canlı sohbet
adana canlı sohbet siteleri ücretsiz
sivas en iyi sesli sohbet uygulamaları
kadınlarla rastgele sohbet
aydın kadınlarla sohbet
sakarya canlı sohbet et
konya sohbet uygulamaları
Tekirdağ Ücretsiz Sohbet

81DCBJennifer11147 said... [Reply to comment]

B19C9
raydium
trezor suite
ledger live
uwu lend
ellipal
chainlist
dextools
poocoin
shiba

CAD35Alvaro75E91 said... [Reply to comment]

561A3
dappradar
trezor suite
eigenlayer
poocoin
safepal
ledger wallet
ellipal
defillama
arbitrum

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.