Home » » Ibnu Rushd dan rasionalisme

Ibnu Rushd dan rasionalisme


Ibnu Rushd dan rasionalisme

Ibnu Rushd adalah filsof besar Islam. Ia lahir dan besar di Cordova. Cordova adalah salah satu kawasan Andalusia yang pernah menjadi pusat berkembanganya era keemasan Islam. Tokoh inilah, yang menurut Luthfi Assyaukani, telah banyak melahirkan pemikiran-pemikiran brilian yang bisa mendorong lahirnya pencerahan (renaissance) di barat. Bagaimana sebenarnya corak pemikiran Ibnu Rushd sehingga mampu memberikan isnpirasi lahirnya pencerahan di Barat?

Jawabnya singkat saja, yaitu logis-rasionalis. Jadi Ibnu Rush adalah salah satu filsof muslim yang sangat rasional. Artinya dalam menafsirkan nilai-nilai dan ajaran keislaman Ibnu Rushd lebih menggunakan pendekatan logis-rasionalistik. Metode berpikir logis-rasionalistik ini ia peroleh dari filsafatnya filsof Yunani klasik, Aristoteles. Jadi kalau mau memahami secara mendasar konsep filsafat rasionalistiknya Ibnu Rushd, lebih idealnya harus memahami dulu konsep f
ilsafatnya Aristoteles. Karena rasionalismenya Ibnu Rushd itu bersumber dan berakar pada filsafatnya Aristoteles.

Dalam ranah keislaman, filsafat Ibnu Rushd adalah bertujuan mendamaikan agama dan filsafat, wahyu dan akal. Bagi Ibnu Rushd, sumber kebenaran bukan semata-semata dari wahyu, melainkan juga bisa didapat dari akal. Akal, sebagai anugrah Tuhan juga merupakan sumber kebenaran dan pengetahuan yang absah. Atas dasar inilah Ibnu Rushd tidak memposisikan wahyu dan akal secara hirarkhis apalagi secara diametris, melainkan secara fungsional dan saling melengkapi. Bahwa antara wahyu dan akal tidak ada kata mana yang lebih tinggi dan mana yang lebih rendah, melainkan keduanya adalah sama dan setara dalam fungsinya sebagai alat untuk mencari kebenaran. Dalam istilahnya yang khas, ibnu Rushd menganggap bahwa akal dan wahyu adalah saudara sekandung dan sepersusuan (Innal hikmah hiya Shoohibah assyarii’ah wal ukhtu al-radlii’ah).

Dua jalur kebenaran itulah yang , oleh para penganut Aveiroisme dusebut sebagai kebenaran ganda (double throuth). Istilah ini, seperti dijelaskan oleh Sten Ebbesen (1998), menyumbangkan salah-paham yang berlarut-larut terhadap Ibnu Rushd, karena sebenarnya Ibnu Rushd bukan mempromosikan tentang kebenaran ganda, tetapi tentang jalur-jalur kebenaran yang berbilang; adapun kebenaran itu sendiri adalah satu. Memang Ibnu Rushd sepakat bahwa bagi seseorang yang belum mempunyai kapasitas intelektual yang memadahi, ia harus meyakini dan mengikuti kebenaran yang ditawarkan oleh wahyu. Namun bagi seseorang yang mempunyai kapasitas intelektual yang memadahi dan kemampuan berpikir yang tinggi ia boleh menggapai kebenaran itu dengan akalnya.

Maka dari itu, Ibnu Rushd juga menyadari bahwa tingkatan akal manusia adalah berbeda-beda. Klasifikasi akal mansuia itu akan lebih jelas jika dilihat dalam metode ilmu penegtahuan yang dibuat Ibnu Rushd (yangsesungguhnya terinspirasi dari Aristoteles). Menurutnya, Ilmu pengetahuan itu bisa ditempuh lewat tiga cara. Yang pertama adalah lewat metode Burhani (demonstratif). Metode ini adalah metodenya para filsof dan ahli logika. Para filsof menggunakan berbagai perangkat logika, seperti sillogisme, analogi, induksi dan deduksi untuk mencapai pengetahuan demonstratif (Ma’rifah Burhaniyyah). Yang kedua adalah metode jadalli (dialketik). Metode ini banyak digunakan oleh ara teolog dan ahli kalam dan tingkatannya lebih rendah ari metode Burhani. Yang ketiga adalah metode Khitobi (retoris) yang banyak digunakan oleh parapenceramah dan kalangan awam. Metode ini adalah metode yang terlemah. Namun meskipun ini terispirasi dari arsitoteles, metode ini todak difungsikan sebagai alat untuk menjustifikasi stratifikasi sosial seperti yang telah dipraktikkan Aristoteles, melainkan tetap dalam koridor upaya penyatuan agama(wahyu) dan filsafat (akal)

Dengan demikian, secara universal dapat dikatakan bahwa semangat Averoisme adalah semangat rasionalis- liberalis namun tetap religius.
Comments
2 Comments

2 comments:

makasih buat infonya.

good nice infonya

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.