Home » » Teori Holland

Teori Holland

Oleh: Marheti


A. Konsep-Konsep Dasar

1. Orang-orang dapat digolongkan menurut patokan sampai berapa jauh mereka mendekati tipe kepribadiannya, diantaranya tipe realistik, peneliti/pengusut, seniman, sosial, pengusaha, dan tipe orang rutin, yang dapat diketahui dengan cara testing psikologis dan analisis sejarah hidup.

2. Lingkungan-lingkungan yang didalamnya orang hidup dan bekerja, dapat digolongkan menurut patokkan sampai seberapa jauh lingkungan tertentu mendekati salah satu model lingkungan, diantaranya; lingkungan realistik, penelitian dan pengusutan, kesenian, pengusaha, pelayanan sosial, dan lingkungan yang bersuasana kegiatan rutin, yang dapat dinilai dengan
menghitung jumah orang dari berbagai tipe dan kepribadian yang bekerja disana.

3. Perpaduan antara tipe kepribadian tertentu dan model lingkungan yang sesuai dengan menghasilkan keselarasan.

B. Penerapan dalam Pelayanan BK

Holland mengakui bahwa pandangan berakar pada psikologi diferensial, terutama penelitian dan pengukuran terhadap minat dan dalam tradisi psikologi kepribadian yang mempelajari tipe-tipe kepribadian, disamping itu konselor harus memahami tipe-tipe lingkungan.

C. Karakteristik Teori

Holland mengasumsikan bahwa orang yang memiliki minat yang berbeda-beda dan bekerja dalam lingkungan yang berlain-lainan, sebenarnya adalah orang yang berkepribadian lain-lain dan mempunyai sejarah hidup yang berbeda-beda pula.

D. Kekuatan Teori

Banyak pakar psikologi vokasional menilai teori ini sebagai teori yang komprehensif karena meninjau jabatan sebagai bagian dari keseluruhan pola hidup seseorang.

E. Kelemahan Teori

Dalam teori ini kurang ditinjau proses perkembangan yang melandasi keenam tipe kepribadian dan tidak menunjukkan pase-pase tertentu dalam proses perkembangan itu serta akumulasi tentang umur.
Comments
1 Comments

1 comments:

Your idea is rare enough to be appreciated, thank you!

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.