Home » , , » Khasiat Bayam

Khasiat Bayam


Bayam sebagai sayur hanya umum dikenal di Asia Timur dan Asia Tenggara, sehingga disebut dalam bahasa Inggris sebagai Chinese amaranth. Di Indonesia dan Malaysia, bayam sering disalahartikan menjadi "spinach" dalam bahasa Inggris (mungkin sebagai akibat penerjemahan yang dalam film kartun Popeye), padahal nama itu mengacu ke jenis sayuran daun lain - lihat Bayam (Spinacia).

Di tingkat konsumen, dikenal dua macam bayam sayur: bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik berdaun lebar dan tumbuh tegak besar (hingga dua meter) dan daun mudanya dimakan terutama sebagai lalapan (misalnya pada pecel, gado-gado), urap, serta digoreng setelah dibalur tepung. Daun bayam cabut berukuran lebih kecil dan ditanam untuk waktu singkat (paling lama 25 hari),
lebih cocok untuk dibuat sup encer seperti sayur bayam dan sayur bobor. Bayam petik biasanya berasal dari jenis A. hybridus (bayam kakap) dan bayam cabut terutama diambil dari A. tricolor. Jenis-jenis lainnya yang juga dimanfaatkan adalah A. spinosus (bayam duri) dan A. blitum (bayam kotok).

Jenis Tanaman
Keluarga Amaranthaceae memiliki sekitar 60 genera, terbagi dalam sekitar 800 spesies bayam (Grubben, 1976). Dalam kenyataan di lapangan, penggolongan jenis bayamdibedakan atas 2 macam, yaitu bayam liar dan bayam budidaya.

Bayam liar dikenal 2 jenis, yaitu bayam tanah (A. blitum L.) dan bayam berduri (A. spinosus L.). Ciri utama bayam liar adalah batangnya berwarna merah dan daunnya kaku (kasap).

Jenis bayam budidaya dibedakan 2 macam, yaitu:

1. Bayam cabut atau bayam sekul alias bayam putih (A. tricolor L.).

Ciri – ciri bayam cabut adalah memiliki batang berwarna kemerah-

merahan atau hijau keputih – putihan, dan memilki bunga yang keluar

dari ketiak cabang. Bayam cabut yang batangnya merah disebut bayam

merah, sedangkan yang batangnya putih disebut bayam putih.
2. Bayam tahun, bayam skop atau bayam kakap (A. hybridus L.).

Ciri – ciri bayam ini adalah memiliki daun lebar – lebar.

Jenis bayam yang biasa dikonsumsi ada 4, yaitu


a. bayam liar











b. bayam berduri










c. bayam cabut








 

d. bayam merah











Banyak manfaat yang diberikan bayam untuk tubuh. Vitamin A dan C-nya merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dan otak dari racun dan polusi. Selain itu, vitamin C juga membantu penyerapan zat besi untuk proses sistem kekebalan tubuh. Zat besi yang terkandung dalam bayam melancarkan sirkulasi oksigen darah.

Asam folat dan vitamin B12-nya adalah gabungan yang penting untuk pembentukan sel baru. Mengonsumsi bayam juga memicu aktivitas anti-mutagenic dan mencegah terjadinya mutasi sel tubuh pemicu kanker. Kandungan besi pada bayam relatif lebih tinggi daripada sayuran daun lain (besi merupakan penyusun sitokrom, protein yang terlibat dalam fotosintesis) sehingga berguna bagi penderita anemia.

Beberapa kultivar A. tricolor memiliki daun berwarna merah atau putih dan dipakai sebagai tanaman hias, meskipun dapat pula disayur. Jenis tanaman hias lainnya adalah A. caudatus karena tandan bunganya berwarna merah panjang menggantung seperti ekor. Di tempat asalnya, bayam dimanfaatkan bijinya (bayam biji) sebagai sumber karbohidrat. Biji ini sekarang juga populer sebagai makanan diet karena tidak menyebabkan kegemukan.

Akar tunggang bayam juga dimanfaatkan sebagai obat.

KANDUNGAN KIMIA

Selain zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin, di dalam sayuran hijau ini juga terkandung zat gizi mikro seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Bahkan, kandungan zat besinya dua kali lebih banyak dibandingkan dengan sayur jenis lain. Yang juga menarik dari bayam yaitu kandungan asam oksalatnya. Bila senyawa yang sering menyebabkan gangguan persendian ini dikombinasikan dengan kalsium, akan terbentuk senyawa yang tidak diserap tubuh. Artinya, bayam bisa menyembuhkan bila dikonsumsi dengan bahan makanan sumber kalsium.

KHASIAT BAYAM

  1. Bayam selain bermanfaat sebagai sayur juga berkhasiat obat.
  2. Mampu memperbaiki sistem pencernaan.
  3. Menurunkan resiko terserang kanker.
  4. Mengurangi kolesterol (masih sebatas pada hewan), dan bersifat antidiabetes. Cara kerjanya dalam menurunkan kolesterol pada hewan adalah dengan mengonversi kolesterol dalam tubuh menjadi koprostanol yang kemudian dibuang ke luar tubuh. Sedangkan yang membuatnya berkhasiat antidiabetes adalah kandungan mangannya (Mn).
  5. Untuk mengobati asma, bisa memakai bayam duri Amaranthus spinosus. Caranya yaitu dengan memotong lima batang bayam duri muda, termasuk daun dan kembangnya. Rebus potongan itu dengan menggunakan lima gelas air selama 7 - 10 menit. Air hasil rebusan tadi diminum tiga kali sehari. Untuk anak-anak cukup diminum setengah gelas, sedangkan untuk orang dewasa satu gelas, dan bayi dua sendok makan saja.


Sumber:
Comments
9 Comments

9 comments:

bayam bikin kita sehat dan kuat..

This is the perfect blog for anyone who wants to know about this topic. You know so much its almost hard to argue with you (not that I really would want...HaHa). You definitely put a new spin on a subject thats been written about for years. Great stuff, just great!

makasih gan atas pencerahannya sangat membantu banget buat ane ...
ditunggu artikel" selanjutnya gann ...thanks okeyy!!!!

informasi yang bagus dan menarik beud untuk disimak

makasih banyak atas semua info nya ,,,,,,,

Thanks for an insightful post. These tips are really helpful. Again thanks for sharing your knowledge with us.Keep up the good work.

wah...nice nii nambah pengetahuan

manfaat bayam telah diketahui..luarbiasa

WONDERFUL Post.thanks for share..extra wait .. ...

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.