Home » , , » Teori perkembangan karir anak

Teori perkembangan karir anak

A. Konsep dasar

Konsep dasar teori ini adalah untuk menentukan perkembangan karir anak dan kepribadian anak masa depan, pekerjaan orang tuanya sangat berpengaruh terdadap karir anak. Menurut ahli pisikologi jika orang tua memperhatiakan pendidikan karir anak dari awal pasti anak tidak mengalami kesulitan dalam memili karir. Misalnya anak mencoba ini tidak cocok mencoba itu tidak cocok, akibatnya banyak anak yang tidak tau tentang gambaran karir yang akan diketahui dimasa depan.

Menurut ahli pisikologi tugas orang tualah yang memperkenelkan karir pada anak. Orang tua diharapkan dapat berperan dalam menggambarkan anak bahwah suatu hari nanti anak mempunyai aktivitas dan salah satunya dalah berkerja, mengenalkan anak dengan pekerjaan.

Menurut Lucia orang tua dapat memulai memperkenalkan gambaran propesi melalui pekerjaan orang tuanya dan juga bisa dilakukan dengan efektif melalui bermain, buku bacaan.

B. Karakterstik teori

Pendidikan Karir Anak jangan menunggu anak sampai anak sudah beranjak dewasa, akan tetapi mulailah sejak belita. Anak –anak belita dapt diperkenalkan dengan beberapa kegiatan misalnya bernyanyi, berenang, masak, membaca agar mereka dapat mengeksplorasi dan juga dapat membantu memperkaya pengetahuan anak tentang kegiatan yang mereka sukai.

Dari beberapa kegiatan anak maka orang tua dapat melihat dan mengetahui minat dan bakat yang ada dalam diri anak sendiri, orang tua juga memperhatikan frestasi yang dirahi oleh anak yang terkaid dengan minat dan bakat. Orang tua juga mendukung keinginan anak yang perlu diingat adalah anak harus belajar tanggung jawab terhadap pilihan mereka.

Faktor –faktor yang mempengaruhi kesuksesan anak dalm berpikir.

  1. Terkait Dengan aspek Kepribadian. Diantaranya keterampilan berintraksi sosial kesadaran emosi, penepatan diri dll
  2.  Sikap kerja yang baik, hal ini dapat dikembangakan oleh orang tua dengan penerapan disiplin terhadap tanggung jawab anak mengacu motivasi anak dalam bersemangat dalam belajar.
  3.  Minat Dan Bakat Anak, untuk mengacu dan memudakan anak dalam menjelaskan tugas saat berkerja semua akan mempermudah karir yang akan ditempu anak.
  4. Anak suda memulai melihat kemampuan dirinya.

C. Penerapan teori dalam BK

Yang perlu diingat adalah anak harus belajar tanggung jawab terhadap pilihan mereka dan orang tua jangan memeksakan suatu kehendak anak apa bila anak tidak mampu bagi anak. Cara Orang tua mengatgasi permasalahan anak yang tidak cocok bisa melalui bantuan dari pihak ketiga seperti guru BK, Pisikolog, dan orang tua juga perlu membantu anak dalm menentukan karir yang sejalan dengan minat dan bakat sejak dini

Hal ini penting agar mengtahui keterampilan yang di butukan dapat berkembang dengan optimal semakin bertambanya usia tentu saja anak akan semakin fokus pada suatu pilihan pendidikan maupun karir

D. Kelebihan

Dapat mengetahui minat dan bakat anak dan mampu memperkaya pengetahuan mulai dari usia dini sampai anak sudah mulai melihat kemampuan diri dalammenetapkan karir.

E. Kelemahan
Tidak menjelaskan jenis kelamin, hanya membahas tentang kepribadian anak dan pekerjaan orang tua
Comments
4 Comments

4 comments:

info yang sangat penting buat mendidik anak....

thanks infonya gan, lanjutkan..!!! XD

bagus juga dijadikan pedoman untuk didik anak.

pedomanan yang bagus untuk mendidik anak...thanks

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.