Home » , , , » Masa Remaja Mempengaruhi Masa Depan Anak

Masa Remaja Mempengaruhi Masa Depan Anak


Masa remaja atau pubertas merupakan masa transisi atau peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Masa remaja berada dalam kisaran usia antara 11-19 tahun, namun ada pula yang mengatakan antara 11-24 tahun. Secara garis besar, masa remaja ditandai dengan beberapa perubahan, di antaranya adalah perubahan fisik, perkembangan seksual, cara berpikir, emosi yang meluap-luap, menarik perhatian lingkungan, dan terikat dengan kelompok.


Pada umumnya, masyarakat percaya bahwa masa remaja adalah masa yang paling rentan dan sangat
menentukan bagi perjalanan hidup seseorang. Pada masa ini, biasanya anak sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan. Gejolak emosi dan ketidakseimbangan dalam hidupnya sering membuat anak merasa bingung, khawatir, sedih, malu, takut, sensitif, dan tidak percaya diri. Jika Anak tidak mampu melewati masa remajanya dengan baik atau gagal, dimungkinkan akan menemukan kegagalan dalam perjalanan kehidupan pada masa berikutnya. Sebaliknya, bila anak mampu mengisi masa remaja itu dengan penuh kesuksesan dan kegiatan yang sangat produktif, dimungkinkan manusia itu akan mendapatkan kesuksesan dalam memasuki tahapan kehidupan selanjutnya. Untuk itu, masa remaja sering dianggap penting dan dipercaya sebagai kunci sukses dalam memasuki tahapan kehidupan selanjutnya (Abdul Razak, 2006).


Menyikapi hal di atas, hendaklah orangtua mengetahui dan memahami beberapa masalah yang sering dialami oleh anak remaja, antara lain perasaan jenuh, sensitif, perasaan ingin menunjukkan diri, sering berkhayal, masalah pertemanan, cinta, dorongan seksual, dan keras kepala. Dengan dukungan dan pengertian dari orangtua maka diharapkan anak dapat terhindar dari perasaan-perasaan negatif yang selama ini sering ia rasakan. Sebaliknya, menjadikan Ia tumbuh menjadi seseorang yang penuh percaya diri, sukses, disiplin, dan bertanggungjawab.

Sumber:

Comments
6 Comments

6 comments:

artikel yang menarik.

terimakasih infonya

setuju...pergaulan remaja akan menentukan masa depannya

alhamdulillah, meski remaja bandel sekarang bisa hidup lurus2 saja. :D

setuju banget tuhh ,,,

thx y info y ...

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.