Home » , , , , » Dua Tahun Pertama Yang Sangat Penting

Dua Tahun Pertama Yang Sangat Penting


Mungkin masih ada sebagian orangtua yang menganggap bahwa memberikan pendidikan kepada anak usia dua tahun pertama adalah tidak penting. Mereka percaya bahwa pendidikan yang diberikan kepada anak usia ini tidak akan memberikan pengaruh apa-apa. Sebab, di usia ini anak belum dapat berkomunikasi dengan baik, belum dapat memahami kata-kata, dan belum bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Dengan demikian, tidak sedikit orangtua yang mengabaikan masalah pendidikan anak di usia ini, melainkan hanya menekankan pada pemenuhan makanan, minuman, dan pakaian saja.



Cara pandang orangtua seperti di atas adalah tidak benar. Justru sebaliknya, usia dua tahun pertama adalah usia yang paling penting dan mempengaruhi masa depan anak. Pada masa ini, otak dan jiwa anak masih bersih dan belum terbentuk. Ia siap menerima bentuk apa saja yang diberikan oleh orangtuanya, dan kemudian akan disimpan di dalam memorinya dengan baik. Jadi, jika orangtua ingin memiliki anak disiplin, selalu menjaga kebersihan, mandiri, dan percaya diri maka orangtua tersebut harus sudah menerapkannya sejak awal anak lahir dan menyusui (Ibrahim Amini, 2006). Karena, boleh jadi segala hal yang diterima anak ketika ia masih kecil akan terbawa hingga ia dewasa kelak.


Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua untuk mendidik ’si usia dua tahun pertama’, di antanya adalah:

Mendidik anak disiplin.
Mengatur jadwal makan, menyusui, dan tidur kepada anak dapat memberikan banyak manfaat sekaligus, yaitu selain untuk membiasakan anak agar dapat hidup teratur, juga sangat baik untuk kesehatan alat pencernaan. Sedangkan menyusun jadwal tidur pada anak dapat memberikan manfaat agar syaraf-syaraf anak memperoleh ketenangan .

Mengajarkan anak hidup bersih.
Bila orangtua ingin mengajarkan hidup bersih kepada anak maka mereka harus membiasakan anak agar tetap bersih, misalnya dengan cara mencuci tangan dan mukanya setiap kali terlihat kotor. Dengan demikian, anak akan mengerti bahwa setiap kali tangan atau mukanya kotor maka harus dibersihkan.

Mengajarkan anak hidup mandiri dan percaya diri.
Sikap orangtua yang selalu memberikan kesempatan, bimbingan, dan arahan kepada anak untuk melakukan kebutuhannya sendiri dapat mendorong anak hidup mandiri dan percaya diri. Misalnya, membiarkan anak menggunakan sendok ketika makan sendiri atau membimbing anak membuka kancing bajunya sendiri. Dengan demikian, semakin banyak kemampuan atau keterampilan yang ia miliki, maka rasa percaya diri pada anak akan semakin tumbuh.

Jadi, jelaslah sudah bahwa masa dua tahun pertama kehidupan anak adalah masa yang paling penting untuk mempersiapkan anak agar dimasa yang akan datang ia mampu melakukan sesuatu dengan baik. Anak memiliki fondasi hidup yang teratur dan baik. Bagi orangtua yang menganggap sepele dan mengabaikan masa penting ini, maka akan mendatangkan kerugian yang tidak akan tergantikan.

Sumber:
Comments
2 Comments

2 comments:

bener bgt tuh harus selalu diwasi perkembangannya agar optimal..

photnya imut banget perkembangan anak memang harus selalu kita perhatikan..

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.