Home » , , » JAMUR KUPING

JAMUR KUPING


BOTANI

Nama : Jamur Kuping, Auricularia polytricha, Wood Ears mushroom
Jenis : Jamur Konsumsi

Jamur ini sangat mudah kita jumpai di lingkungan sekitar kita, tropis yang beriklim basah. Pada musim hujan tumbuh pada pohon pohon yang besar yang berlumut atau pada pokok pohon yang telah mati.

Dalam kelompok jamur kuping terdapat beberapa jenis, ada yang putih, krem, coklat, hitam. Badan buahnya ada yang berbentuk benar-benar mirip daun telinga, sebagian lagi melebar dan berkelok kelok. Tekstur liat kenyal meskipun tipis. Tumbuh dalam koloni. Tidak nampak bagian bagian yang berbentuk batang maupun tudung.

Biasa digunakan dalam terapi menurunkan gula darah dan tekanan darah tinggi. Sejumlah penelitian juga menemukan indikasi bahwa jamur ini mengandung senyawa penghambat pertumbuhan sel kanker.
Namun demikian jamur ini paling populer sebagai bahan dalam menu masakan oriental.


NUTRISI

Mengandung 10% protein, 75% karbohidrat, 10 % serat dan 5% abu



BUDIDAYA

Termasuk dalam kategori jamur kayu. Tumbuh pada media kayu atau serbuk kayu. Cara membuatnya, siapkan serbuk kayu yang tidak banyak mengandung getah. Basahi hingga jenuh lalu tiriskan. Campur dengan bekatul dan kapur. Selanjutnya biarkan terjadi fermentasi selama beberapa hari. Wadahi media dengan plastik tahan panas sambil dipadatkan.

Kukus media 2 – 3 jam pada suhu 90 – 100 Celsius. Dinginkan kemudian taburkan bibitnya. Tutup media dengan ring paralon yang disumbat dengan kapas. Tempatkan pada rak rak tanam. Lakukan pengabutan untuk menjaga kelembaban udara sampai seluruh bagian media ditumbuhi miselium jamur.

Setelah media berwarna putih menyeluruh buka kapas penyumbat agar calon jamur mulai membentuk. Kira-kira setelah 2 – 3 minggu calon jamur mulai nampak. Terus jaga suhu ruangan agar tetap pada 20 – 24 Celsius dan kelembaban 80 – 90 % sampai jamur siap panen.


PEMASARAN

Jamur kuping biasa dipasarkan segar di supermarket, pasar tradisional maupun hotel dan restoran. Dalam keadaan segar hanya bisa bertahan baik selama 2 – 3 hari pada suhu kamar. Untuk memperpanjang kesegaran sebaiknya disimpan pada suhu 4 – 10 Celsius.

Dapat juga dikeringkan terlebih dahulu untuk memperluas distribusi pemasaran. Dalam keadaan kering dan pengemasan yang rapat jamur kuping bisa bertahan sampai 6 bulan. Jamur kuping akan sedikit mengerut dan berwarna lebih gelap jika dikeringkan. Namun jika direndam dalam air dalam beberapa menit saja akan kembali pada bentuk dan tekstur seperti semula.

Sumber:
http://www.facebook.com/note.php?note_id=374897607538
Comments
8 Comments

8 comments:

dibeberapa waktu yang lalu ada acara di tv tentang budidaya jamur..wah menguntungkan mas,.. bisa jadi peluang usaha.cuma perlu keseriusan/fokus pada usaha tsb, tidak bisa hanya sampingan..mungkin ^____^

makasih infonya..salam kenal...

Anonymous said... [Reply to comment]

Berapa harga jamur kuping per baglognya
Berapa lama jamur muncul dari miselium full
pada baglog , dan berapa hari siap dipanen
dari pertama muncul jamur terima kasih from Anton Pasuruan

Thanks artikelnya,,,

you are my inspiration , I own few blogs and often run out from to post : (.

nice post ,,,

nice blog ,,,,,

happy blogging ...

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.