Home » , , » JAMUR LING ZHI

JAMUR LING ZHI

Makalah Kita Semua - Jamur Ling Zhi, Ganoderma lucidum, Reishi mushroom
BOTANI

Nama : Jamur Ling Zhi, Ganoderma lucidum, Reishi mushroom
Jenis : Jamur Obat

Merupakan salah satu anggota kelompok jamur ganoderma yang beranggota sekitar 60 an jenis jamur. Dikenal sejak lebih dari seribu tahun lalu sebagai jamur obat dalam sejarah ilmu kesehatan cina. Diantara jenis jamur ini ada yang tudungnya berwarna kuning, merah, ungu dan hitam. Namun yang paling luas penggunannya adalah red reishi.

Bentuk tudungnya melebar. Salahsatu sisi berwarna coklat kemerahan sisi lainnya yang berwarna putih merupakan bagian yang mengandung spora. Dengan rekayasa budidaya bentuknya bisa berkembang menyerupai ranting kayu kering bercabang cabang. Seringkali nampak mirip tanduk rusa.

Di habitat alaminya jamur ini tumbuh baik di wilayah hutan subtropis ketika cuaca sedang hangat dan basah. Tumbuh pada kayu kayu lapuk sebagai jamur saprofit.

KANDUNGAN
Mengandung asam ganoderik sebagai ciri khas jamur ganoderma. Berkhasiat menurunkan kolesterol darah dan mengencerkan darah. Selain itu juga terdapat gugus polisakarida yang spesifik, berkhasiat menghambat pertumbuhan sel kanker, meningkatkan kekebalan tubuh serta mempercepat pemulihan stamina setelah sakit. Riset terakhir juga menemukan bukti bahwa konsumsi jamur ling zhi dapat meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam darah. Tak heran jika jamur ini termasuk diunggulkan sebagai herbal untu kesehatan, kekuatan dan umur panjang

BUDIDAYA
Media tanam berupa serbuk gergaji kayu keras, serutan, serpihan kayu keras yang telah direndam air selama 1 – 2 hari. Tiriskan kemudian campur dengan bekatul dan kapur. Dapat pula ditambahkan bungkil kedelai. Fermentasikan campuran ini selama 3 – 4 hari. Selanjutnya wadahi dalam plastik tahan panas. Berat media per kantong kira-kira 1500 gram.

Pasteurisasikan media dengan cara mengukus selama 2 – 3 jam hingga mencapai suhu 90 – 100 Celsius. Dinginkan lalu taburkan bibit pada bagian atas media. Pasang cincin paralon pada ujungnya. Tutup lubang paralon dengan penyumbat kapas. Simpan media ini pada suhu 18 – 22 Celsius dan RH 80 -90%.

Setelah seluruh bagian media ditumbuhi miselium jamur, buka penyumbat kapas. Angin-anginkan dan lakukan pengabutan ruangan tiap hari. Setelah 3 minggu calon jamur mulai tumbuh. Ukuran maksimal biasaya tercapai setelah 2 – 3 minggu.

PEMASARAN
Ling zhi dipasarkan sebagai jamur obat. Dijual setelah dikeringkan, dalam bentuk utuh, irisan, serpihan halus, kapsul, maupun sirup. Biasanya dikonsumsi dengan cara diseduh seperti teh, direbus, atau dalam bentuk kapsul telan. Rasanya sedikit getir.

Sumber:
http://www.facebook.com/note.php?note_id=373906027538

Comments
3 Comments

3 comments:

wah manteb neh jamur...nice info bro

untuk manfaat buah pepaya belum adakan?...
agrobuah.com

I have read some good stuff here. Definitely price bookmarking for revisiting. I wonder how a lot attempt you place to create the sort of excellent informative website.

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.