Home » , » Emosi Sering Meledak-ledak? Perbaiki Pola Makannya

Emosi Sering Meledak-ledak? Perbaiki Pola Makannya

Makalah Kita Semua - Emosi Sering Meledak-ledak? Perbaiki Pola Makannya. Jika Anda kesulitan untuk menjinakkan emosi yang meluap-luap, cobalah untuk memodifikasi makanan yang Anda makan. Kualitas makanan yang Anda makan setiap hari, ternyata memberikan pengaruh yang begitu besar terhadap perubahan suasana hati.

Peneliti melakukan studi untuk mengetahui kaitan antara makanan dengan suasana hati. Temuan menunjukkan diet yang bervariasi serta padat gizi secara signifikan dapat mengubah zat kimia dalam otak, sehingga menyebabkan kondisi mental yang seimbang dan timbul efek perasaan yang menyenangkan.

Konsumsi terhadap makanan yang bergizi hanya cukup untuk mendukung kesehatan fisik saja. Sedangkan fungsi mental, kondisi emosional dan perilaku dipengaruhi oleh kualitas berbagai makanan yang Anda makan.

"Saya melihat bahwa orang telah mendapatkan perbaikan terhadap kondisi depresi dan kecemasan dalam waktu seminggu setelah membuat beberapa perubahan pola makan sederhana," kata Trudy Scott, seorang ahli gizi dan juru bicara National Association of Nutrition Professional, seperti dilansir naturalnews, Rabu (4/7/2012).

Perhatikan hal-hal berikut untuk bisa kendalikan emosi dengan makanan:

1. Kemarahan, kelelahan, depresi, dan ketegangan jauh lebih menonjol pada pelaku diet rendah karbohidrat dibandingkan orang yang menyeimbangkan asupan protein dengan karbohidrat kompleks.

2. Karbohidrat diperlukan untuk menghasilkan serotonin, suatu neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk mengendalikan nafsu makan, meningkatkan suasana hati, dan menenangkan stres.

3. Hindari makanan sarat gula seperti permen, kue, cookie, kentang dan roti putih akan membuat siklus emosional Anda tidak terkontrol karena tubuh dibanjiri oleh gula sederhana.

4. Ketika asupan gizi Anda bergeser dari gula sederhana menjadi kompleks karbohidrat, perubahan sikap temperamental seseorang dapat menjadi lebih baik.

5. Makanan seperti gandum, bayam, coklat, kacang-kacangan dan beras merah dapat menjaga kadar gula darah den emosi yang stabil. Kacang merupakan sumber yang sangat baik dari karbohidrat sehat.

6. Minyak omega-3 juga memiliki dampak besar pada kesehatan emosional. Orang yang kekurangan asam lemak omega-3 cenderung bersikap pesimistis dan depresi. Omega-3 dapat diperoleh dari ikan seperti sarden dan salmon. Sumber yang sangat baik lainnya termasuk minyak biji rami dan kenari.

7. Kekurangan (Defisiensi) zat besi dan tiamin juga dapat menambah ketidakstabilan emosional. Kurangnya zat besi berhubungan dengan kelelahan, kesulitan untuk fokus, dan depresi. Makanan yang kaya zat besi antara lain kuning telur dan kacang-kacangan.

Seperti pernyataan dalam Darthmouth Undergraduate Journal of Science, kekurangan tiamin menyebabkan sikap pasif, kelelahan, penurunan rasa percaya diri, dan suasana hati yang buruk. Vitamin ini dapat ditemukan dalam ragi, kembang kol, telur, dan sereal biji-bijian.

Sumber:
Health.detik.com

Tag:
Emosi Sering Meledak-ledak? Perbaiki Pola Makannya, menjinakkan emosi yang meluap-luap, pola makan perbaiki suasana hati
Comments
16 Comments

16 comments:

thanks mas, baru tau kalau emosi juga berhubungan dengan pola makan :)

tnyata pola mkan bpengaruh sma emosi kita ya.

coba perbaiki pola makan neh hehe

wah memang harus diperhatikan sampai detil ya..

tipsnya bermnfaat sekali ,,,,semogha kita bisa mngatur pola mkan kita ,,,supaya pola hidup kita jugha sehat ,,

Manusia itu tidak cuma terdiri atas daging dan darah. jadi kalau masalah emosi jangan semuanya dilihat dari makanan fisik. Emosi yang sering meledak-ledak coba saja meditasi. Manusia itu yang paling penting spiritual dan pikiran, bukan cuma susunan unsur kimia.

oh seperti itu yaaah, terimakasih yaaa

jadi kita sebagai manusia yang cerdas harus dapat mengkondisikan diri kita dengan hal-hal tersebut... :) baguus..

wah ternyata tingkat emosi juga di pengaruhi makanan yah ...

terimakasih atas artikel tentang bagaimana caranya mengelola emosi yang meledak2 dengan memperbaiki pola makan!

tapi kalo perut kenyang, saya jarang meledak2 buat marah tapi kalo laper bawaannya emosi melulu apalagi kalau cuaca panas

w klo lagi kelaperan malah suka emosi.. =="

dari pola makan, kita bisa mengatur emosi kita

Saya pernah mengalami masalah emosi yang sulit terkontrol, setelah konsultasi dengan dokter dan ahli kesehatan lainnya saya disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat dan mengurangi mengkonsumsi makanan diatas. Terima kasih ladyfem

Ayo yang suka emosinya meledak-ledak baca ne artikel

terimakasih atas infonya, semoga kita bisa menahan emosi..

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.