Home » , » Jamur Obat dan Lauk Yang Lezat

Jamur Obat dan Lauk Yang Lezat

Makalah Kita Semua - Info Makanan Sehat Kita Semua Hari ini - Jamur Obat dan Lauk Yang Lezat
Makalah Kita Semua - Info Makanan Sehat Kita Semua Hari ini - Jamur Obat dan Lauk Yang Lezat. Saat ini di rumah makan banyak tersedia menu jamur, seperti pepes jamur, ayam jamur, sup krim jamur, mi ayam jamur, kripik jamur, dan sebagainya. Bahkan ada sebuah resto khusus jamur, segala menunya berbahan dasar jamur. Di Amerika Serikat pun belakangan menu mereka seperti pizza, lasagne, burger, juga memakai unsur jamur.

Jamur sudah sejak ribuan tahun lalu dikonsumsi oleh masyarakat di Cina, Jepang, bahkan juga di Mesir dan Yunani, sebagai bagian dari menu sehari-hari mereka. Jamur masuk dalam menu mereka untuk mengurangi asupan dari protein hewani yang dianggap sebagai penyebab masalah jantung koroner dan stroke.

Kalau dulu di pasaran kita hanya mengenal jamur merang dan jamur kancing (champignon) dalam kaleng, kini aneka jamur bisa dijumpai. Mulai dari jamur tiram dengan “payung” berwarna putih, berukuran besar, jamur portabella yang berwarna cokelat, jamur shiitake atau disebut juga hioko baik yang segar maupun kering, jamur enoki yang mirip taoge besar tapi memiliki “payung”, jamur kepiting putih (white crab mushroom) serta masih banyak jenis jamur lainnya.

Kandungan Gizi. Di kalangan masyarakat Cina dan Jepang, jamur bukan hanya sebagai lauk tetapi juga sebagai “obat”. Kepercayaan mereka beralasan juga karena jamur memang kaya gizi dan fitokimia.

Selain jamur sebagai sumber protein nabati, kandungan kalorinya rendah, yaitu hanya 23 kalori/100 g. Lemaknya sedikit yaitu lemak tak jenuh yang banyak dianjurkan para dokter untuk dikonsumsi sebagai pencegahan penyakit jantung koroner maupun stroke.

Jamur juga kaya vitamin B kompleks, terutama riboflavin, niasin, dan asam pantothenik. Mineral dalam jamur seperti kalium, tembaga (Cu), selenium cukup bisa diandalkan. Begitu juga dengan seratnya, antara 8 – 10%.

Dari hasil penelitian Pennsylvania State University, AS, diketahui jamur mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan cukup ampuh. Juga beta-glukan yang terdiri atas lentinan, LEM, D-fraction.

Manfaat Jamur Bagi Kesehatan (baca juga 8 Jenis Jamur Ampuh Menangkal Penyakit Serius):
Jantung.
Jamur memiliki sejumlah jurus yang dapat berdampak positif bagi kesehatan jantung. Mulai dari kandungan tembaga, asam lemak tak jenuh seperti asam linoleik. Kandungan niasin dan eritadenin dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh sehingga terhindar dari masalah jantung koroner.

Hipertensi.
Kandungan kalium yang tinggi pada jamur dapat “mengusir” natrium dalam tubuh sehingga menjaga kadar tekanan darah. Kandungan asam lemak tak jenuhnya juga berdampak positif terhadap pembuluh darah.

Pencernaan.
Kandungan seratnya yang tinggi antara 7,4 – 24,6% menjadikan urusan buang air besar menjadi lancar. Jamur juga mengandung niasin yang membuat sistem pencernaan dalam kondisi “sehat” sehingga urusan pencernaan menjadi lancar.

Antitumor.
Jamur memiliki senyawa aktif seperti polisakarida, khususnya beta-glukan yang bersifat antitumor sehingga tumor payudara dan prostat bisa dihambat pertumbuhannya. Dari penelitian di Baltimore, AS, kandungan selenium juga bermanfaat menurunkan risiko terkena kanker prostat hingga 65%.

Flu.
Di Jepang dan Cina sejak berabad-abad lalu, jamur shiitake dipercaya memiliki sifat antivirus karena kandungan polisakarida lentinan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Itu sebabnya, ketika seseorang menderita flu kerap disajikan menu yang mengandung jamur shiitake.

Yang Perlu Diwaspadai. Di dunia diperkirakan ada sekitar 14.000 jenis jamur. Dari sekian banyak itu, kira-kira hanya 1/3 saja yang aman dikonsumsi. Bila Anda sedang hiking kemudian melihat jamur, jangan asal petik, bisa-bisa malah keracunan lo.

Beberapa jenis jamur, terutama yang tinggi kadar airnya, tak tahan disimpan walau hanya satu hari. Karenanya, belilah jamur untuk dimasak pada hari itu juga. Bila terpaksa hendak menyimpannya, cucilah jamur hingga bersih. Keringkan hingga benar-benar kering. Kemudian simpan di lemari pendingin. Hal ini  untuk menghindari jamur berubah warna.

Nah, itulah Jamur obat dan lauk yang lezat. Bagaimana tertarik konsumsi jamur mulai sekarang? baca juga 8 Jenis Jamur Ampuh Menangkal Penyakit Serius.

Source:
intisari-online.com

Tags:
Jamur obat dan lauk yang lezat, Jamur kaya gizi kaya herbal, jamur antioksidan murah meriah, jamur anti kanker murah meriah.
Comments
24 Comments

24 comments:

Kalau setahu saya nih ya, jamur itu tdak enak, tapi setelah membaca info ini jadi selera ane....

Jamur itu memang sesuatu yg enak,..

kunjungan perdana
ijin nyimak dan membaca
keep posting gan :)

mantap juga yah manfaat nya..
terimakasih banyak info nya.

Ternyata selain lezat, jamur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita...

jamur itu selain rasanya yg enak, juga banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Ternyata banyak banget yah jenis jamur di dunia ini namun ngga semua nya dapat di konsumsi...
thanks info nya.

Artikel yang sangat bagus..
semoga bermanfaat untuk orang banyak.

saya paling suka masakan aneka jamur, tks postingannya

Ternyata selain lezat untuk dijadikan olahan lauk, juga adalah obat yang hebat.
Terimakasih infonya.
Sukses selalu.

Wah, enak banget tuh kayaknya

bagus artikelnya,aalagi kalo disertai dengan resep2/cara mengolah jamur sesuai dengan jenis2nya...heheeee

saya tidak suka jamur,padahal manfaatnya banyak..hmmm setelah baca artikel ini jadi ada perasaan pengen nyoba...

Ane pribadi sebenarnya gak terlalu suka jamur, tapi ternyata banyak juga manfaatnya ya.. ^^

nice gans

Di masak sebagai sup hangat, lumayan buat flu

yesss dan ini salah satu menu kesukaanku. sayangnya di indonesia jenis jamur unt di konsumsi belum sebanyak di supermarket2 korea dan china

dapatkan informasi dan peluang usaha di
www.sabutkelapa.net
www.facebook.com/komunitassabutkelapa

selain enak, ternyata banyak manfaat nya,.

Tidak semua benjolan yang terdapat di payudara itu disebabkan oleh kanker bisa juga fibroadeboma ( tumor jinak ).

Fibroadenoma adalah tumor jinak yang paling umum ditemukan pada payudara wanita. Bentuknya berupa benjolan padat, bulat, dan kenyal yang bergerak bebas pada payudara ketika didorong dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Fibroadenoma adalah hasil dari pertumbuhan berlebihan pada kelenjar penghasil susu (lobulus) dan jaringan payudara di sekitarnya.

Fibroadenoma paling sering ditemukan pada wanita usia antara 20 dan 30-an. Kecuali pada kasus yang jarang terjadi, tumor ini tidak berkembang menjadi kanker dan biasanya mengecil sendiri setelah menopause. Namun, seringkali sulit untuk memastikan bahwa sebuah benjolan adalah fibroadenoma, bukan kanker payudara. Satu-satunya cara untuk memastikannya adalah mengambilnya atau melakukan biopsi terhadapnya. Meskipun sebagian besar benjolan bukan kanker, tapi benjolan perlu di waspadai.

Berikut beberapa gejala yang meski Anda waspadai seperti, Pada payudara terdapat benjolan dan payudara mengalami perubahan bentuk, kulit payudara mengalami perubahan warna menjadi merah muda- cokelat-seperti kulit jeruk, putig susu masuk kedalam payudara atau disebut sebagai retarksi, payudara mengeluarkan cairan apakah darah atau caran lainnya dan lain lain.

apalagi klo di bikin jamur crispy mantab

wah boleh tuh khasiatnya,saya suka jamur alami bukan jamur tanem

bagus artikelnya

terkadang banyak yang obat yang memang makanan atau minuman yang lezat bergizi seperti ini

kunjungan siang gan,,terimakasih informasinya

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Google+ Followers

Facebook

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.