Home » » APLIKASI AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI SUMBER DAKWAH ISLAM

APLIKASI AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI SUMBER DAKWAH ISLAM

APLIKASI AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI SUMBER DAKWAH ISLAM

Di dalam Al-qu’ran ada dua jalan mengenal Allah SWT, anatara lain :
A.Mengenal Allah lewat Akal
Akal adalah salah satu sarana untuk mengenal Allah,. Fungsi akal adalah untuk berfikir dan merenung. Seseorang yang memperlihatkan ayat-ayat Al-Qur’an akan menemukan bahawa banyak sekali ayat-ayat Al-Qur’an yang menggugah akal untuk berfikir dan merenung, sehingga sampai pada hakikat kebenaran yang tidak diragukan lagi . Allah sangat mencela orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya dan akan memasukkan mereka kedalam neraka jahannam kelak.


Ayat Kauniyah
Sesungguhnya banyak sekali fenomena-fenomena yang terdapat di mayapada ini yang menunjukkan kebesaran Allah.
1.Fenomena terjadinya alam
Diantara sesuatu yang wajib diterima akal adalah bahwa setiap sesuatu yang ada pasti ada yang mengadakan. Begitu juga alam semesta ini, tentu ada yang menjandikannya.
2.Fenomena kehendak yang tinggi
Kalau anda memperhatikan ala mini, anda yakin menemukan bahwa semua ini santa tersusun rapi. Hal ini menunjukkan bahwa disana pasti ada kehendak agung yang bersumber dari Sang Pencipta Yang Maha Pintar dan Bijak Sana. Kita ambil beberapa contoh: seandainya matahari hanya memberikan


3.Fenomena Kehidupan
Bila anda perhatikan makhluk yang hidup di muka bumi anda akan menemukan berbagai jenis dan bentuknya, serta berbagai macam cara hidup dan berkembang biak. Semua itu menunjukkan bahwa disana ada zat yang menciptakan, membentuk, menentukan rizkinya dan meniupkan ruh kehidupan pada dirinya. Bagaimana pintarnya manusia tentu ia tidak akan dapat membuat makhluk yang hidup dari sesuatu yang belum ada. Allah SWT menantang manusia untuk membuat seekor lalat, jjika ereka mampu.
4.Fenomena petunjuk dan ilham
Ketika kita mempelajari alam semesta ini kita akan melihat suatu petunjuk yang sepurna dan yang sekecil-kecilnya sampai yang sebesar-besarnya. Bagaimana kita dapat membedakan argumentasi petunjuk ini ? Bagaimana ia dapat terwujud ? Sungguh disitu terdapat jawaban yang diberikan akal, yiatu adanya Zat yang memberi hidayah (petunjuk).
Seorang bayi ketika dilahirkan menangis dan mencari putting susu ibunya. Siapa yang mengajdarinya ?
Seekor ayam betina ketika mengerami telurnya ia membolak-balikkan telurnya, agar zat makanan yang terdapat pada telur tersebut rata. Dengan demikian telur tersebut dapat menetas. Secara ilmiyah akhirnya di ketahui bahwa anak-anak ayam yang sedang di proses dalam telur itu mengalami pengedapan bahan makana pada tubuhnya dibangian bawah. Jika telur tersebut tidak digerak gerakan niscaya zat makanan yang ada didalamnya tidak merata,dengan demikian ia tidak bisa menetas.

Siapa yang mengajarkan ayam untuk berbuat demikian? Akal yangs sehat akan berpendapat bahwa disana pasti ada yang memberi hidayah (petunjuk) dari Al-quran menerangkan bahwa zat yang memberi hidayah itu adalah Allah yang menciptakan lalu memberi hidayah.
5.Fenomena pengabulan do’a
Kita sering mendengar seseorang yang ditipa suatu masibah yang membuat hatinya hancur luluh dan putus harapan. Ia berdo’a menghadap Allah SWT, tiba-tiba musibah itu hilang. Kebahagiaanpun kembali dan datanglah kemudahan setelah kesusahan. Siapa yang mengabulkan do’a ? Sudah menjadi suatu yang logis bila seorang menghadapi bahaya pasti menghadap Allah SWT dan berdo’a.

Ayat Quraniyah

Ayat-ayat Allah yang terdapat dalam Al-quran berupa ajaran-ajaran konsep hidup, peraturan yang lengkap adalah merupakan mu;ajizat yang nyata yang menunjukkan akan adanya Allah. Mu”jizat itu terdapat pada :
1. Keindahan penyampaiannya, ketinggian bahasanya dan kerapian susunan ayat-ayatnya, yang sampai kini tak seorang manusia pun yang mampu dan sanggup menandingi-Nya atau membuat walaupun satu ayat. Al-Qur’an menantang siapa yang sanggup mendatangkan satu ayat yang semisal.
2. Pemeriahuan Al-Qur’an tentang hal ihwal kaum’Aas , Tsamud, Kaum Nabbi Luth, tentang Maryam, Nabi Isa dll. Smeua itu dating lewat lisan seorang yang ummi tidak bisa membaca dan tidak bisa menulis.
3. Pemberitahuan Al-Qur’an tentang kejadian-kejadian yang akan datang, persisi seperti dikatakan Al-Qur’an.
4. Pemberitahuan Al-Qur’an tentang kekalahan bangsa Persia atas bangsa Romawi.
5. Janji Allah kepada Kaum Muslimin untuk menjadikan mereka pemimpin (khalifah) di muka bumi sebagaimana ummat sebelum mereka. Dan janji Allah itu betul-betul terjadinya. PAda masa Nabi SAW kaum muslimin telah menguasai jazirah Arab. Pada massa sahabat mereka telah menguasasi dan sampai ke Persia. Kemudian menguasai Romawi di Syam, Mesir dan sekitarnya.
6. Janji Allah pada kaum muslimin dengan kemenangan apda perang Badar
7. Janji Allah kepada Rasul-Nya bahwa ia akan memasuki Masjid Haram
8. Peberitahuan Al-Qur’an bahwa Abu Lahab akan mati dalam keadaan Musyrik.
9. Pemberitahuan Al-Qur’an bahwa mulanya bumi dan langit satu, kemudian terpisah dari langit.
10. Tentang sala kejadian manusia.
11. Pemberitahun Al-Qur’an bahwa bumi ini bundar
12. Kelengkapan peraturan tersebut (syumul). Tidak ada satu amal perbuatan apapun dan yang sekecil-kecilnya sampai yang sebesar-besarnya kecuai Islam telah menerangkan hokum dan caranya.
13. Kesesuaian di degala zaman dan tempat. Sebab Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk bagi seluruh manusia sampai akhir kiamat.
14. Kekal samapi hari kiamat. Syariat Islam adalah syari’at yang kekal damapi hari kiamat.






B.Mengenal Allah lewat memahami Asma’ul Husna
Cara kedua mengenal Allah adalah dengan memahami Asma Allah yang baik.
Allah sebagai Rabb
Diantara ciri-ciri khusus dari kerububiyahan-Nya adalah :
•Dia sebagi pencipta segala sesuatu
•Yang memberi Rizki
•Yang memiliki
•Yang memberi manfaat dan bahaya
•Yang menghidupkan dan mematikan
•Yang mengatur alam semesta ini

Allah sebagai Penguasa Jagat Raya
Diantara cirri-ciri khas yang dimiliki oleh penguasa adalah ;
•Dia sebagi pelindung
•Dia sebagai penentu hukum
•Yang hendak memerintah dan melarang
•Yang menentukan undang-undang peraturan
•Yang ditaati

Kesimpulan :
Aplikasi suatu ayat-ayat al-qur’an tentang sumber dakwah dapat kita pehami dengan mengetahui Allah dengan segala dasar pokok dalil yang dapat di pekuat seperti terdapat pada ayat-ayat tentan kebenaran adanya Allah antaranya Ayat Kauniyah (Fenomena-fenomena atau gejala-gejala alam) dan ayat Qurraniyah (Kejadian-kejadian Alam).
Comments
6 Comments

6 comments:

Anonymous said... [Reply to comment]

waaah..gitu yaaa

Anonymous said... [Reply to comment]

semangat selalu deeeehhh

@TUKIRAN: hehehehe

betul ituh... segala sumber kebenaran sudah ada disana kita dituntut belajar dan memahami sekaligus mempraktikkannya - jalan dakwah adalah jalan kita yang akan mengantarkan kita ke syurga. Insya Allah.

@Bantugrafis: betul petunjuk sepanjang masa yang tidak mungkin salah...

makasih buat infonya

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.