Home » , » Kenakalan Remaja

Kenakalan Remaja

Remaja adalah masa peralihan dari alam kanak-kanak ke alam dewasa. Zaman remaja bermula dari alam kanak-kanak kea lam dewasa. Zaman remaja bermula dari usia 10 hingga 20 tahun. Walau bagaimanapun, tempoh peralihan ini berbeda diantara seorang dengan seorang yang lain. Ketika sini remaja-remaja lelaki dan perempuan secara sadar atau tidak akan mnegalami perubahan daris egi bentu tubuh bdan dan emosi. Perubahan-perubahan ini berlaku akibat tindakan hormone dalam bentuk badan.
Ketiak alam remaja inilah mereka akan melalui perubahan demi perubahan. Pemikiran mereka masih belum mencapai tahap matang sepenuhnya. Inilah yang menyebabkan berlakunya revolusi remaja di Malaysia dengan hebatnya. Kian hari terpapar di dada akhbar maupun dimajalah-majalah yang tidak ketinggalan untuk menyelitkan isu-isu hangat perlakuan remaja masa kini. Dulu Malaysia di gemparkan dengan kejadian elajar sekolah dibunuh”.

Kejadian ini menjadi isu paling hangat dan tergempar !!! Tetapi sekarang kejadian-kejadian seperti bunuh, rampok, dan sebagainya dikalangan remaja bagi masyarakat Malaysia. Doktrin ini menunjukkan betapa remaja Malaysia zaman sekarang dianggap sebagai gengstreim dan banyak lagi istilah-istilah negative yang sinonim dengannya.

KENAKALAN REMAJA

Kenakalan remaja meliputi semua prilaku yang menyimpang dari norma-norma hokum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang disekitranya. Para ahli pendidikan sependapat bahwa reaja adalah mereka yang berusia 13-18 tahun. Pada usia tersebu, seseorang sudah melampaui masa kanak-kanak, namun masih belum belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Ia berada pada masa transisi.
A. Definisi Kenakalan Remaja menurut beberapa ahli
• Kartono, ilmuan sosiologi
Kenakalan remaja atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istialah Juvenile delinquency merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial, Akibatnya, mereka mengembangkan bantuk perilaku yang menyimpang.
• Santrock
Kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal.
B. Sejak kapan masalah kenakalan remaja mulai disoroti
Masalah kenakalan remaja mulai mendapat perhatian masyarakat secara khusus sejak terbentuknya peradilan untuk anak-anak nakal (Juvenile Court) pada 1899 di Illinois, Amerika Serikat.
C. Jenis-jenis Kenalakan
• Penyalahgunaan Narkoba
• Seks Bebas
• Tawuran antara pelajar
D. Penyebab terjadinya kenakalan remaja
Perilaku nakal remaja bisa dikatakan oleh factor dari remaja itu sendiri (internal maupun dari luar (eksternal).
• Faktor Internal
1. Krisis Identitas
Perubahan biologis dan sosiologis pada remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi. Pertama, terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya . Kedua, tercapainya identitas peran. Kenakalan remaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa integrasi kedua.
2. Kontrol diri yang lemah
Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku nakal. Begitupun bagi mereka yang mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bia mengembangkan control diri untuk bertingkah laku sesuia dengan pengetahuannya.
• Faktor Eksternal
1. Keluarga
Perceraian orangtua, tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negative pada remaja. Pendidikan yang salah di keluargapun, seperti terlalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, atau penolakan terhadap control diri untuk bertingkahlaku sesuia dengan pengetahuaanya.
2. Teman sebaya yang kurang baik
3. Komunikasi/lingkungan tempat tingal yang kurang baik.
4. Kurangnya kasih sayang orangtua
5. Kuranya pengawasan orangtua
6. pergaulan dengan teman yang tidak sebaya
7. peran dari perkembangan iptek yang berdampak negative
8. tidak adanya bimbingan kepribadian di sekolah
9. dasar-dasar agama kurang
10. tidak adanya media penyalur bakat dan hobinya
11. kebiasaan yang berlebihan
12. masalah yang dipendam

E. Dan saya dapat memberi beberapa tips untuk mengatasi dan mencegah kenakalan remaja, yaitu :
• Perlunya kasih saying dan perhatian dari orangtua dalam hal apapun
• Adanya pengawasan dari orangtua yang tidak mengekang.
• Biarknlah ia bergaul dengan teman yang sebaya, yang hanya berumur 2 atau 3 tahun baik lebih tua darinya.
• Pegawasan yang perlu dan insentif terhadap media komunikasi seperti tv, internet, radio, handphone dll.
• Perlunya bimbingan kepribadian di sekolah, karena disanalah temapt anak lebih banyak menghabiskan waktunya selain dirumah.
• Perlunya pembelajaran agama yang dilakukan sejak dini, seperti beribadah dan mengunjungi tempat ibadah sesuai dengan iman keprcayaannya.
• Kita perlu mendukung hobi yang dia inginkan selama itu masih positif untuk dia.
• Anda sebagai orangtua harus menjadi tempat curhat yang nyaman untuk anank anda, sehingga dapat membimbing dia ketika ia sednag menghadapi masalah.
Comments
7 Comments

7 comments:

kebanyakan keakalan remaja disebabkan faktor lingkungan

kenakalan remaja sekarang ini sudah tidak asing lagi...
karena semakin banyak perlaku remaja yang menyimpnag saat ini.

semoga orang tua bisa lebih memperhatikan anak-anak nya supaya bisa lebih baik lagi dalam berbuat.

kenakalan remaja lebih banyak di sebabkan karena faktor eksternal...
sehingga sebagai orang tua harus bisa menjaga perilaku anak nya.

artikel yang bagus..
semoga bermanfaat untuk orang banyak.

artikel yang bagus

Value various to obtain this post. Staying in read is definitely one of the best pleasures in life in order to do. Just like selecting rings armoires!

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.