Home » , , , , » Jika Orang tua Mendambakan Anak Soleh, Berikanlah Haknya

Jika Orang tua Mendambakan Anak Soleh, Berikanlah Haknya

Kita semua tentu sepakat, tidak ada orang tua di muka bumi ini yang ingin memiliki anak berkepribadian buruk. Setiap orang tua pasti mendambakan anaknya menjadi seseorang yang sopan, jujur, percaya diri, bertanggung jawab, taat, dan berbakti kepada kedua orang tuanya.


Hal serupa juga akan sama dirasakan oleh anak, ia ingin memiliki orang tua yang dapat membahagiakannya. Kebahagiaan anak adalah apabila ia mendapatkan haknya yaitu cinta yang tulus, perlakukan adil, perhatian, dan kasih sayang yang penuh kehangatan dari orang tuanya.


Namun, pada kenyataannya masih sedikit orang tua yang mau mengerti dan memberikan kebahagiaan tersebut. Sebagian mereka cenderung menuntut anak menjadi seseorang yang lebih baik, tanpa mau memberikan apa yang menjadi hak anak.

Sejatinya, hak anak adalah kewajiban orang tua yang akan diminta pertanggungjawabannya oleh Alloh SWT. Di dalam salah satu haditsnya, Rasulullah saw bersabda,

” Setiap kalian adalah pemimpin. Dan, setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawabannya oleh Alloh SWT. Setiap laki-laki adalah pemimpin dalam keluarganya, setiap wanita bertanggung jawab dalam pengaturan rumah suaminya. Dan, sang istri juga memiliki tanggung jawab terhadap orang-orang yang berada di bawah asuhannya.” (HR. Al-Bukhari, dalam bab al-Jum'ah (11), bab-AlWashayaa (9), Muslim, dalam bab Al-Imarat (20).


Anak adalah titipan yang diberika Alloh SWT kepada kedua orang tuanya yang harus dididik dan dirawat dengan baik. Orang tua yang bertanggung jawab adalah orang tua yang selalu memberikan hak anak dengan cara yang paling baik.

Untuk itu, apabila orang tua ingin memiliki anak yang soleh, baik dan berbakti kepada kedua orang tuanya maka berikanlah apa yang menjadi haknya. Dengan demikian, ia akan melakukan apa yang menjadi kewajibannya (melakukan sesuatu sesuai dengan harapan orang tua).

Sumber:
Comments
3 Comments

3 comments:

artikel yang menarik.
semoga saja anak saya nanti bisa menjadi anak yang lebih sholeh dari ayahnya..
saya masih giat untuk terus mengajarkan kepada anak.

hmm semoga semakin banyak orang tua yg paham akan hal ini ya..

semoga dambaan orang tua agar anaknya menjadi anak soleh dan soleha terwujud

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.