Home » , , , » Tidak Memperolok Apabila Anak Berbuat Salah

Tidak Memperolok Apabila Anak Berbuat Salah

Setiap manusia pasti pernah berbuat salah. Terutama anak, ia akan cenderung banyak melakukan kesalahan dalam bertindak. Hal tersebut adalah wajar, sebab anak baru saja ’belajar hidup’ sehingga belum banyak memiliki pengalaman. Walaupun, mungkin saja kesalahan yang ia lakukan bukan murni atas faktor kesengajaan. Ada beberapa kemungkinan anak melakukan suatu kesalahan, boleh jadi ia memang 'tidak tahu', merasa penasaran (rasa ingin tahunya tinggi) atau hanya karena ingin coba-coba.

Pada umumnya, sebagian orang tua sering tidak mau peduli dengan apa yang melatarbelakangi anak berbuat salah. Mereka sering menanggapi kesalahan anak dengan sikap negatif. Orang tua mudah memperolok dan mencap anak adalah ’bodoh dan tolol’. Orang tua seperti ini selalu berharap tindakan yang dilakukan anak sama dengan standar kualitas orang dewasa.

Sikap memperolok dapat meninggalkan luka bathin pada diri anak. Ia akan merasa sakit hati, sedih, putus asa dan rendah diri. Pada akhirnya, perasaan anak seperti itu dapat menumbuhkan kebencian kepada orangtuanya. Hindarkanlah sikap memperolok, sesungguhnya Alloh SWT melarang memperolok orang lain, apapun sebabnya.

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olokkan kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olokkan) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olokkan) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (pnggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang dzalim.” (Al-Hujurat:11)

Berikanlah bimbingan, arahan, kasih sayang dan motivasi kepada anak agar ia mampu ’belajar hidup lebih baik’ dari kesalahan yang pernah ia lakukan.

Sumber:

Comments
7 Comments

7 comments:

jika anak diperlakukan dengan keras maka anak menjadi pribadi yang kurang baik

orang tua kebanyakan sok tau...

anak kecil mudah mengingat masa lalunya yang kelam dan akan menjadikan masa lalu tersebut sebagai pribadinya di masa depan

Salam hangat dan menawan untuk admin blog ini.
Saya senang berkunjung ke blog anda, disini banyak sajiannya yang bermanfaat dan memberi nilai yang baik untuk kita semua. Semoga bisnisnya semakin sukses dan dapat mencapai yang diinginkan.

sukses selalu ...

pendidik kan untuk anak...

ajarkan yang baik pada anak kecil, jangan memberi contoh yang jelek pada mereka

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.