Trauma

Trauma  
Written by Evi Sukmaningrum, Psi., MSi.


Trauma berasal dari bahasa Yunani yang berarti luka (Cerney, dalam Pickett, 1998). Kata trauma digunakan untuk menggambarkan kejadian atau situasi yang dialami oleh korban. Kejadian atau pengalaman traumatik akan dihayati secara berbeda-beda antara individu yang satu dengan lainnya, sehingga setiap orang akan memiliki reaksi yang berbeda pula pada saat menghadapi kejadian yang traumatik. Pengalaman traumatik adalah suatu kejadian yang dialami atau disaksikan oleh individu, yang mengancam keselamatan dirinya (Lonergan, 1999). Oleh sebab itu, merupakan suatu hal yang wajar ketika seseorang mengalami shock baik secara fisik maupun emosional sebagai suatu reaksi stres atas kejadian traumatik tersebut. Kadangkala efek aftershock ini baru terjadi setelah beberapa jam, hari, atau bahkan berminggu-minggu. Respon individual yang terjadi umumnya adalah perasaan takut, tidak berdaya, atau merasa ngeri. Gejala dan simtom yang muncul tergantung pada seberapa parah kejadian tersebut. Demikian pula cara individu menghadapi krisis tersebut akan tergantung pula pada pengalaman dan sejarah masa lalu mereka.
Menurut Stamm (1999), stres traumatik merupakan suatu reaksi yang alamiah terhadap peristiwa yang mengandung kekerasan (seperti kekerasan kelompok, pemerkosaan, kecelakaan, dan bencana alam) atau kondisi dalam kehidupan yang mengerikan (seperti kemiskinan, deprivasi, dll). Kondisi tersebut disebut juga dengan stres pasca traumatik (atau Post Traumatic Stress Disorder/ PTSD). Menurut Pickett (1998), ada dua bentuk simtom yang dialami oleh individu yaitu : (1) adanya ingatan terus menerus tentang kejadian atau peristiwa tersebut, dan (2) mengalami mati rasa atau berkurangnya respon individu terhadap lingkungannya. Kondisi tersebut selanjutnya akan mempengaruhi fungsi adaptif individu dengan lingkungannya. Seringkali, peristiwa yang traumatik akan sangat menyakitkan sehingga bantuan dari para ahli akan diperlukan dalam mengatasi trauma yang dialami.

Daftar bacaan:
Lonergan, B.A. (1999). The Development of Trauma Therapist : A Qualitative Studi of the Therapist’s Perspectives and Experiences. Colorado : Counselling Psychology.
Pickett,G.Y. (1998). Therapist in Distress : An Integrative Look at Burnout, Secondary Traumatic Stress and Vicarious Traumatization. Dissertation. University of Missouri-St. Louis.
Stamm, B.H. (1999). Secondary Traumatic Stress. Self Care Issues for Clinicians, Researchers & Educators. MD : Sidran Press.
http://rumahbelajarpsikologi.com/index.php/trauma.html
Comments
12 Comments

12 comments:

saya juga pernah mengalami trauma akan gedung2 tinggi, tetapi alhamdulillah sekarang sudah tidak lagi, karena saya paksa untuk memberanikan diri sekalian berlatih

semoga kita terhindar dari penyakit trauma ini...

Terimakasih atas infonya ya sob, sangat bermanfaat, salam kenal dan salam sukses!

Obviously I like your web site, however you have to check the spelling on quite a few of your posts. Many of them are rife with spelling issues and I find it very troublesome to inform you. However I'll certainly come back again!

احصلوا الان على ارخص اسعار مظلات سيارات من خلال مؤسسة السبيعى للمظلات والسواتر , تتم صناعه المظلات باجود الخامات , زوروا موقعنا الان .

يوجد الان فى توكيل زانوسي جميع قطع الغيار الاصلية والمستورده بأرخص الاسعار , زوروا موقعنا الان .
http://www.maintenanceg.com/IdealZanussi-Center-Agent.html

مركز صيانة سامسونج المعتمد يقدم لكم العديد من الخدمات لصيانة الاجهزه الكهربائية , زوروا موقعنا لمزيد من التفاصيل .
http://goo.gl/q2LQqN

الان يوجد شركة نقل عفش في جدة تقوم بنقل العفش باسهل طريقة واسرع اداء , زوروا موقعنا لمعرفة المزيد من المعلومات .
0553121777
http://www.xn-----jtdlp1a8a2dguu.com/

نقوم في مؤسسة الهامة لنقل العفش بجدة بمساعدة العملاء على الانتقال الى مكان اخر حيث نوفر سيارات كبرى مجهزة تعمل على نقل العفش بطريقة صحيحه مع ضمان عدم تضرر الاثاث
للاتصال:
0553121777

I'm going to highly recommend this web site!



نقل عفش ابها








نقل عفش بالرياض 300 ريال/






ارخص وافضل مؤسسة نقل عفش بالرياض/





شركة طيبة لنقل العفش/






ارخص وافضل شركات لنقل عفش حفر الباطن/






نقل عفش حائل/






بيزات نقل عفش/






هل تريد نقل عفش بالخرج/
-




مجالس تراث بالرياض
محل ورق حائط بالرياض
تركيب الحجر بالرياض


مقاول بالرياض ومن أفضل شرككات المقاولات
مقاولات في الرياض ل
ترميم الحمام بالرياض من أفضل شركات الترمي


Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.