Home » , , » Khasiat Daun Mint (Mentha Cordifolia)

Khasiat Daun Mint (Mentha Cordifolia)


Daun mint (Mentha Cordifolia)  merupakan salah satu tanaman berkerabat dekat dengan tanaman Kemangi (Ocimum basillicum), Selasih (ocimun sancium), dan daun bangun-bangun alias daun jinten (coleus amboinicus). Daun mint (Mentha Cordifolia) mempunyai aroma wangi dan cita rasa dingin menyegarkan. Aroma wangi dan semriwing daun mint disebabkan kandungan minyak asiri berupa minyak menthol. Daun ini mengandung vitamin C, provitamin A, fosfor, besi, kalsium dan potasium.

Serat, klorofil dan fitonutrien juga banyak terkandung didalam daun mint. Daun mint dipercaya dapat memulihkan stamina tubuh, meredakan sakit kepala, mencegah demam, mempunyai sifat antioksidan pencegah kanker dan menjaga kesehatan mata.


Banyak orang bingung mengolah daun mint. Sebagian orang menganggap daun mint hanya sebatas sebagai hiasan kue, puding atau minuman. Padahal daun ini bisa diolah menjadi beragam masakan, seperti sebagai bumbu seafood, campuran salad, campuran jus, campuran teh atau tumisan.

Sebagian produsen pasta gigi telah banyak menggunakan aroma pepermint sebagai rasa yang alami. Pepermint juga digunakan untuk merawat gigi karena kandungan antispetiknya dapat melindungi gigi dari mikroba dan kuman. Rajin mengkonsumsi pepermint akan membuat mulut tetap sehat dan nafas menjadi segar.

Pepermint juga bisa menghilangkan stres. Secangkir teh mint bisa membuat pikiran menjadi tenang. Selain itu, mint juga bisa menghilangkan racun yang ada dalam tubuh karena mint bersifat diuretik dan anti mikroba.

Mencampurkan teh mint ke dalam air mandi bisa menghilangkan kelelahan. Campuran dua tetes minyak mint dan dua ons air yang disatukan ke dalam sebuah botol dapat anda gunakan sebagai kondisioner dengan cara menyemprotkannya pada rambut.

Manfaat lain dari pepermint adalah:

1. Menghilangkan ketombe pada kulit kepala.
2. Digunakan sebagai aromaterapi yang dapat menyegarkan dan melembabkan kulit.
3. Meningkatkan sirkulasi darah.
4. Menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan energi.
5. Menghilangkan bengkak pada kaki.

Sumber:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.