Home » , , » Khasiat Daun Selasih (Ocimum sancium)

Khasiat Daun Selasih (Ocimum sancium)


Selasih (ocimun sancium) merupakan salah satu tanaman berkerabat dekat dengan tanaman Kemangi (Ocimum basillicum), daun mint (mentha arvensis), dan daun bangun-bangun alias daun jinten (coleus amboinicus). Selasih termasuk tanaman semak tahunan atau setahun, berbau wangi/harum, bercabang banyak di bagian atas, dengan tinggi sekitar 50 -80 cm. Tumbuhan yang tergolong famili Labiatae ini menyukai tempat-tempat lembab dan teduh. Sering kita jumpai mereka tumbuh liar di tepi jalan. Ada juga yang ditanam di pekarangan dan di kebun.


Ciri-ciri daun selasih tunggal, letaknya berhadapan, bertangkai panjangnya 0.5 – 2 cm, berbentuk bulat telur sampai memanjang dengan permukaan daun berambut halus, ujung daun runcing dan tepinya bergerigi. Sedangkan bunganya tersusun dalam tandan, keluar dari ujung percabangan, berwarna ungu dan putih. Selasih berbiji keras dengan warna coklat tua. Tanaman selasih mempunyai bermacam varietas maupun bentuk sehingga disebut tanaman “Polymorphis”. Setiap jenis tanaman selasih mempunyai kegunaan dan kandungan aktif yang berbeda. Tak berlebihan jika selasih disebut tanaman multi manfaat.

Secara umum selasih mempunyai khasiat sebagai tanaman obat. Bagian-bagian dari tanaman selasih yang dapat digunakan sebagai bahan pengobatan yaitu seluruh herba (daun, batang, tangkai, bunga), biji dan minyak atsiri. Menurut Dr. Hembing di bidang kesehatan, selasih mempunyai efek farmakologis merangsang penyerapan (absorbsi), melancarkan sirkulasi darah, penenang (sedative), meredakan kejang (antispasmodic), peluruh keringat (diaforetik), peluruh kemih (diuretic), menghilangkan rasa sakit (analgetik), menurunkan demam (antipirotik), antibacterial, antiseptic, antifungsi, peluruh kentut (korminatil), perangsang (stimulant), peluruh ASI, membersihkan racun dan menstimulasi system imun.

Selasih bersifat mendinginkan dan berbau harum yang berfungsi merawat demam, meredakan muntah – muntah, mengobati cacingan, mengirangi ketegangan (stres), sebagai obat batuk, pencuci darah, sebagai obat luka. Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid).

Manfaat selasih yang lain adalah meningkatkan pengeluarana bendalir badan melalui air kencin karena bersifat diuretik; sifat analgesik yang membantu menahan atau meredakan sakit kepala, sakit gigi, sakit perut demam; sifat diaforetik yang membantu pengeluaran keringat. Biji selasih bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, membantu pencernaan, mengobati kram usus dan melancarkan buang air besar.

sumber:
Comments
3 Comments

3 comments:

ternyata banyak khasiat y juga y ,,

tq info y mas ,,,

kirain tamanan biasa aja,, saya sering liat itu d pekarangan rumah ...

terimakasih info y ,,,

mantap dan bermanfaat sekali ...

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.