Home » » Ingin Panjang Umur? Kurangi Porsi Makan

Ingin Panjang Umur? Kurangi Porsi Makan

Makalah Kita Semua - Info Sehat Kita Semua Hari Ini - Ingin Panjang Umur? Kurangi Porsi Makan. Lupakan olahraga keras di gym, diet ketat, atau pil pelangsing. Jika Anda ingin panjang umur dan bugar, cukup kurangi porsi makan Anda sehari-hari.

Demikian nasihat dari Dr.Michael Mosley, presenter acara sains di BBC. Ia menyebutkan bahwa riset-riset yang sedang berlangsung semakin mengarah pada laju metabolisme yang tinggi (bagaimana tubuh memakai energi untuk fungsi organ), adalah faktor risiko terjadinya kematian dini.

Mosley juga mengambil contoh masyarakat Jepang dan Amerika Serikat yang sekarang melakukan diet rendah kalori cenderung berusia lebih panjang dibandingkan angka harapan hidup secara global.

"Sudah jelas bahwa penuaan adalah produk dari laju metabolisme yang tinggi yang akan berubah meningkatkan radikal bebas. Bila kita memaksa tubuh untuk membatasi kalori atau dengan berpuasa, maka tubuh akan beradaptasi dan metabolisme melambat," katanya.

Mosley juga mengatakan ia tidak percaya pentingnya makan tiga kali sehari karena apa yang kita anggap sebagai rasa lapar terjadi karena faktor kebiasaan.

Dia menyarankan agar kita membatasi kalori sekitar 600 setiap hari atau kurang lebih setara dengan sepotong hamburger di restoran cepat saji. Selain itu berpuasa menurutnya juga sama efektifnya untuk memperlambat metabolisme tubuh.

Kedua hal itu, puasa atau membatasi kalori, akan mengurangi hormon IGF-1. Hormon tersebut sebenarnya menjaga dan memperbaiki jaringan, namun dalam kadar yang tinggi hormon ini justru memicu kanker dan penuaan.

Penelitian yang dilakukan oleh Institute of Health Ageing dari Universitas College London menyebutkan mengurangi asupan kalori sampai 40 persen dari yang bisa kita makan bisa memperpanjang usia sampai 20 tahun.

"Jika Anda mengurangi asupan makan tikus di laboratorium sampai 40 persen, mereka akan hidup 20 persen lebih lama. Pada manusia itu berarti sekitar 20 tahun. Dan hal itu terbukti pada seluruh organisme, bahkan pada anjing labrador," kata peneliti.

Nah, itulah artikel Ingin Panjang Umur? Kurangi Porsi Makan, semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber:
dailymail.co.uk

Tag:
 Ingin Panjang Umur? Kurangi Porsi Makan, tips panjang umur dan sehat bugar sampai tua.
Comments
14 Comments

14 comments:

klo ingin hidup bahagia, kurangi tidur bnyaki minum kopi :D

agen 338a

Kalo ingin cepat dapat jodoh bagaimana? hehehe Terimakasih ya informasinya. Kunjungan pertama gan..

mantap gan.....

oh benarkah? wah harus menjalankan pola makan yg teraur dan sehat nih kayaknya..

bukan nya malah cepat mati gan kalo kita kurang makan?

mantap juga nih artikel nya...
terimakasih gan.

yang penting selalu jaga kesehatan aja gan...

artikel yang bagus....
semoga bermanfaat untuk orang banyak.

makasih buat infonya sangat bermanfaat banget nih

berarti kita harus mengurangi porsi makan ya....supaya panjang umur....

ternyata porsi makan mempengaruhi umur

terimakasih untuk artikel y bermanfaat sekali ini ....

salam sukses terus buat blog ini ,,

woow bermanfaat sekali ini postingan ,,,

saya mau coba mulai besok ....

nice post ,,,

artikel yang bangus banget ,,

izin copas bro ..

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.