Home » » Resume Trait And Factor

Resume Trait And Factor


Resume Trait And Factor

Traid (sifat/karakter/watak) dan Factor (faktor/penyebab) yang bercorak Counselor-Centered Counseling (konseling berpusat pada Konselor). Hal ini karena konselor berusaha membantu memecahkan masalah dan mempengaruhi arah perkembangan klien untuk kebaikan kehidupan karier klien. Adapun asumsi atau konsep dasarnya bahwa setiap orang memiliki kemampuan, minat, bakat dan potensi diri untuk mengenal diri dan memanfaatkan pemahaman itu untuk kehidupannya.
Kelebihan teori ini terletak pada adalah klien menjadi lebih mengetahuai dan mampu mengasah kemampuan, minat, bakat dan potensi dalam dirinya untuk kemajuan hidup dan karirnya kedepan. Adapun kelemahannya terletak pada kurang memperhatikan peran keluarga dan masyarakat dalam mempengaruhi pilihan dari segi pengungkapan harapan, cita-cita, perasaan, keinginan nilai budaya dan kehidupan, untuk mempertimbangkan keputusan klien.

Sedangkan penerapan teori trait and factor dalam proses bimbingan dan konseling yaitu sebagai berikut:
a. Analisis (pengumpulan data hasil dari beberapa metode)
b. Sintesis (pengolahan data dengan kemampuan diri konselor)
c. Diagnosis (indentifikasi masalah, sebab akibat dan prognois)
d. Konseling (membantu klien menemukan potensi diri dari maupun luar/lingkungan)
e. Follow up (tindak lanjut penanganan bias permasalahan baru yang mungkin terjadi dan mengukur tingkat keberhasilan konseling)

Reference:
Prof. DR. H. Mohammad Surya. 2003. Teori-Teori Konseling. Bandung: CV. Pustaka Bani Quraisy.
W.S. Wingkel. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Comments
1 Comments

1 comments:

I did also have a problem believing that robot boxing could ever be as popular as the real thing, there's a lot more at stake with real people involving real emotions and real blood shed, but it is just a movie.

Post a Comment

Terima Kasih telah Berkunjung. Blog Berstatus DoFollow.
Para pengurus Makalah Kita Semua Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. NO SPAM, NO SPAM, NO SPAM dan Sejenisnya.

 
 
 

Facebook

Status Makalah Kita Semua


Page Ranking Tool Site Meter
makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog makalahkitasemua.blogspot.com : Do Follow Blog SevenZero TV - Watch Live Streaming TV online My Ping in TotalPing.com
eXTReMe Tracker

Best Friends Yang Rendah Hati

 
Copyright © 2008 - Makalah Kita Semua , All rights reserved.